Kompas TV nasional peristiwa

Presiden Jokowi Minta Para Menteri Kurangi Beban Masyarakat Terdampak Covid-19

Kompas.tv - 26 Juli 2021, 07:30 WIB
presiden-jokowi-minta-para-menteri-kurangi-beban-masyarakat-terdampak-covid-19
Presiden Jokowi memberikan arahan saat rapat terbatas evaluasi PPKM darurat 16 Juli 2021, Sabtu (17/7/2021). (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo menginstruksikan menteri-menteri terkait untuk mengurangi beban masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi tentang perkembangan terkini Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Minggu (25/7/2021).

“Saya minta kepada para menteri terkait juga segera melakukan langkah-langkah maksimal untuk membagikan vitamin suplemen,” kata Presiden Jokowi.

“Memberikan dukungan pengobatan obat-obatan dan konsultasi dokter terhadap isolasi mandiri serta dukungan pengobatan di rumah sakit,” tambahnya.

Dalam pernyataannya, Presiden Jokowi juga menginstruksikan menteri-menteri dan jajaran terkaitnya untuk menekan angka kematian yang disebabkan Covid-19.

Terutama di daerah dengan angka kematian tinggi dengan cara meningkatkan kapasitas rumah sakit hingga ketersediaan oksigen.

Baca Juga: PPKM Kembali Diperpanjang, Ini Daftar Usaha yang Boleh Dibuka hingga 2 Agustus 2021

“Angka kematian harus ditekan maksimal mungkin, untuk daerah-daerah yang memiliki angka kematian yang tinggi,” ujarnya.

“Peningkatan kapasitas rumah sakit isolasi terpusat dan juga ketersediaan oksigen perlu ditingkatkan segera,” tambahnya.

Presiden Jokowi mengimbau agar seluruh masyarakat untuk selalu waspada dalam menyikapi pandemi Covid-19. Sebab, lanjut Presiden Jokowi, kemungkinan dunia akan menghadapi varian lain yang bisa menular dibanding yang sudah ada.

“Kita harus selalu waspada, ada kemungkinan dunia akan menghadapi varian lain yang lebih menular,” katanya.

“Karena itu saya memerintahkan agar testing tracing bisa ditingkatkan lebih tinggi dan respon treatment yang cepat untuk menekan laju penularan dan peningkatan angka kesembuhan,” lanjutnya.

Selain itu, Presiden Jokowi menekanan ke depan penerapan protokol kesehatan yang ketat serta peningkatan testing testing dan treatment akan menjadi pilar utama penanganan. 

Dengan harapan, angka penyebaran dan penularan Covid-19 bisa ditekan semaksimal mungkin.

Baca Juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, Polisi akan Tetap Periksa STRP Pekerja hingga 2 Agustus

“Memakai masker dan menjaga jarak harus terus dilakukan. Terakhir saya mengajak seluruh lapisan masyarakat seluruh komponen bangsa untuk bersatu padu dan bahu membahu melawan Covid-19 ini,” katanya.

“Dengan usaha keras kita bersama, insya Allah kita bisa terbebas dari Covid-19 dan kegiatan sosial ekonomi masyarakat bisa kembali normal,” tutup Presiden Jokowi.

Sebelumnya Presiden Jokowi mengumumkan perpanjangan PPKM level 4 yang semula berakhir Senin (26/7/2021) mundur menjadi 2 Agustus 2021.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.