Kompas TV internasional kompas dunia

Sebagian Pejabat Senior Inggris Yakin Covid-19 Bisa Ditularkan Melalui Kentut

Senin, 26 Juli 2021 | 02:05 WIB
sebagian-pejabat-senior-inggris-yakin-covid-19-bisa-ditularkan-melalui-kentut
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson saat memberikan keterangan pencabutan wajib masker dan pembatasan sosial di Downing Street, London, Inggris, Senin (5/7/2021). Sejumlah menteri dan pejabat senior pemerintahan PM Boris Johnson di Inggris mengungkapkan kekhawatiran dan keyakinan pribadi mereka bahwa penyebaran Covid-19 bisa saja melalui kentut. (Sumber: Daniel Leal-Olivas/Pool Photo via AP)

LONDON, KOMPAS.TV - Sejumlah menteri dan pejabat senior pemerintahan PM Boris Johnson di Inggris mengungkapkan kekhawatiran dan keyakinan pribadi mereka bahwa penyebaran Covid-19 bisa saja melalui kentut.

Beberapa pejabat tinggi secara pribadi menunjukkan bukti virus dapat menyebar melalui kentut di ruang sempit, seperti kamar mandi atau toilet umum.

Seorang menteri yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Telegraph mereka sudah membaca "hal yang terlihat kredibel" dari negara lain di seluruh dunia.

Mereka mengklaim ada bukti hubungan penulusuran terkait genom antara dua individu dari bilik (toilet) di Australia, seperti yang dilansir dari Mirror, Sabtu (24/07/2021).

Juga, ada beberapa kasus penyakit yang terdokumentasi dengan baik menyebar melalui pipa limbah selama lockdown di Hong Kong. Namun, para ilmuwan pemerintah belum mengonfirmasi klaim tersebut. 

Baca Juga: Tenaga Kesehatan Inggris akan Terus Bertugas Meski Terpapar Covid-19

Seorang juru bicara Perdana Menteri Inggris mengatakan, dia tidak mengetahui Covid-19 itu dapat menyebar melalui kentut. "Tentu kami selalu meninjau setiap bukti ilmiah terbaru," imbuh juru bicara itu.

Penelitian Covid-19 menemukan virus Corona penyebab Covid-19 dapat ditemukan di kotoran. Namun, risiko penyebaran Covid-19 melalui kotoran dapat berkurang karena pakaian dalam dan pakaian dapat bertindak sebagai filter partikel berbahaya, seperti halnya cara masker wajah bekerja melindungi penularan.

Ilustrasi kentut, bau kentut. Bulan Mei lalu, dokter di Australia Andy Tagg menunjukkan kentut dapat menularkan Covid-19, setelah menganalisis serangkaian tes yang diambil dari pasien Covid-19 pada awal 2021 (Sumber: Kompas.com)

Bulan Mei lalu, dokter di Australia Andy Tagg menunjukkan kentut dapat menularkan Covid-19, setelah menganalisis serangkaian tes yang diambil dari pasien Covid-19 pada awal 2021.

Tagg mengutip tes yang mengungkapkan virus Corona ditemukan pada kotoran 55 persen pasien infeksi Covid-19.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Telegraph/Mirror




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:46
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19