Kompas TV internasional kompas dunia

Sopir Ngantuk, Tertidur Sekejap, Bus Terjungkal Keluar Jalur di Kroasia, 10 Penumpang Tewas

Kompas.tv - 25 Juli 2021, 22:03 WIB
sopir-ngantuk-tertidur-sekejap-bus-terjungkal-keluar-jalur-di-kroasia-10-penumpang-tewas
Tim pemadam kebakaran setempat berupaya mengevakuasi bus yang terjungkal di pinggir jalan raya dekat kota Slavonski Brod, Kroasia. Kecelakaan terjadi di ruas jalan antara ibu kota Kroasia, Zagreb, dan perbatasan Serbia, Minggu (25/7/2021) pagi. (Sumber: AP Photo/Luka Safundzic, SBonline)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

ZAGREB, KOMPAS.TV – Jangan pernah memaksakan diri jika Anda mengantuk saat berkendara di jalan. Sebab, akibatnya bisa sangat fatal. Inilah yang terjadi pada sebuah bus yang mengalami kecelakaan di Kroasia.

Minggu pagi (25/7/2021), sebuah bus oleng dan melenceng keluar jalur hingga terjungkal setelah sang sopir tertidur sejenak. Akibatnya, 10 orang tewas dan sedikitnya 44 orang lainnya terluka.

Melansir Associated Press, kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 6 pagi waktu setempat di dekat kota Slavonski Brod di ruas jalan raya antara ibu kota Kroasia, Zagreb, dan perbatasan Serbia.

Baca Juga: Kecelakaan Bus di Kongo, Penumpangnya Terbakar Hidup-hidup

Pihak berwenang menahan sopir bus, setelah penyelidikan menemukan bukti bahwa sang sopir kehilangan kendali kemudinya saat tertidur sejenak karena mengantuk.

“Dia bilang dia tertidur sekejap,” kata Slavko Pranjic, wakil jaksa setempat, menurut portal berita Kroasia, Index.

Akibat kecelakaan, bus terbalik di rerumputan di sisi jalan. Petugas penyelamat dan pemadam kebakaran segera mengamankan korban dan menutup ruas jalan raya selama beberapa jam. Media setempat melaporkan, usai evakuasi para penumpang dan bus, 1 ruas jalur kembali dibuka.

Lokasi kota Slavonski Brod di Kroasia, tempat kecelakaan bus yang menewaskan 10 orang dan melukai sedikitnya 44 orang lainnya pada Minggu (25/7/2021) pagi. (Sumber: whereismap.net)

Polisi menyebut, bus itu memiliki pelat nomor Kosovo dan tengah berada dalam perjalanan rutin dari Jerman ke ibu kota Kosovo, Pristina, yang berlokasi di selatan Serbia.

Pihak berwenang menyatakan, bus mengangkut 67 penumpang, termasuk anak-anak dan 2 orang sopir. Seorang sopir meninggal di lokasi kejadian. Kepala polisi setempat Franjo Galic menggambarkan kecelakaan itu sebagai, “Salah satu kecelakaan terburuk yang pernah saya saksikan.”

Sebanyak 44 korban luka segera dilarikan ke rumah sakit terdekat. Kepala Rumah Sakit Slavonski Brod, Josip Samardzic mengatakan, 8 orang mengalami luka serius.

Baca Juga: Kecelakaan bus di Foumban Kamerun Tewaskan 37 Orang dan Lukai 18 Lainnya

Menteri Kesehatan Kroasia Vili Baros mengungkap, 15 penumpang merupakan anak di bawah umur, dan seorang gadis di antaranya mengalami luka parah.

Melalui akun Twitternya, Perdana Menteri Kroasia Andrej Plenkovic menyatakan bela sungkawa bagi para keluarga korban meninggal. “Kami harap para korban luka segera pulih kembali,” tulis Plenkovic.

Presiden Kroasia Zoran Milanovic juga menyampaikan hal serupa.

Sementara itu, Kosovo mengirim menteri dalam negerinya ke Kroasia untuk menyampaikan duka cita bagi para keluarga korban. Presiden Kosovo Vjosa Osmani yang tengah berada di Olimpiade Tokyo di Jepang turut mengunggah pesan duka cita di akun Facebooknya.

Perdana Menteri Kosovo Albin Kurti menyatakan, “Ini merupakan hari yang tragis bagi negara dan rakyat kami.”

Ruas jalan raya tempat kecelakaan itu terjadi merupakan lalu lintas utama yang melintasi Kroasia. Jalan raya ini merupakan jalur padat selama musim panas karena pariwisata dan para pekerja asing yang pulang dari Eropa Barat.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.