Kompas TV olahraga olimpiade tokyo

Profil Eko Yuli Irawan, Lifter Indonesia Peraih Medali Perak di Olimpiade Tokyo 2020

Kompas.tv - 25 Juli 2021, 19:24 WIB
profil-eko-yuli-irawan-lifter-indonesia-peraih-medali-perak-di-olimpiade-tokyo-2020
Atlet angkat besi Indonesia, Eko Yuli Irawan. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Dian Septina | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lifter asal Indonesia Eko Yuli Irawan meraih medali perak di cabang angkat besi Olimpiade Tokyo 2020.

Eko Yuli berhasil meraih medali perak usai melakukan total angkatan 302 kg dengan perincian 137 kg angkatan snatch, dan clean & jerk (165 kg).

Sebelum bersinar di Olimpiade Tokyo 2020, pria kelahiran 24 Juli 1989 ini sudah mempunyai jam terbang tinggi di pentas Olimpiade sebelumnya. Eko Yuli punya catatan apik sepanjang tiga olimpiade yang pernah diikutinya.

Pada Olimpiade Beijing 2008, Eko yang bertanding di kelas 56 kilogram menyabet medali perunggu. Lantas, empat tahun berikutnya di Olimpiade London 2012, Eko juga meraih medali sama meski berlaga di kelas berbeda.

Bila di Beijing, Eko bertanding di kelas 56 kilogram, di London, ia bertarung di kelas 62 kilogram. Selanjutnya, pada Olimpiade Rio 2016, Eko di kelas 62 kilogram menyabet medali perak.

Baca Juga: Olimpiade Tokyo 2020: Eko Yuli Irawan Persembahkan Medali Perak untuk Indonesia

Dikutip dari situs Komite Olimpiade Indonesia, di luar pentas Olimpiade, Eko telah memenangkan medali emas di Asian Games Indonesia 2018 dan Kejuaraan Dunia di Ashgabat, Turkmenistan 2018.

Tak hanya menyumbangkan medali kedua bagi tim Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020, hasil ini juga membuat Eko Yuli Irawan mengukir catatan bersejarah. Eko Yuli menjadi atlet Indonesia pertama yang mampu memenangi empat medali Olimpiade.

Dengan perjuangan dan kerja kerasnya itu, Eko Yuli Irawan kini menjadi salah satu atlet angkat besi terbaik yang dimiliki Indonesia.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.