Kompas TV regional berita daerah

Lhoong Lokasi Agrowisata Kebun Durian Mulai Populer di tengah Masyarakat Aceh

Kompas.tv - 25 Juli 2021, 19:42 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV-  Lhoong Aceh Besar menjadi lokasi wisata durian yang ramai di kunjungi terutama saat musim panen tiba.

Selain disuguhkan pemandangan alam yang asri, wisatawan juga bisa menikmati durian lhoong yang lezat dari kebunnya.

Untuk menuju ke lhoong Aceh Besar, kita bias melalui jalur darat dengan menggunakan angkutan umum. Dari Banda Aceh menghabiskan waktu satu jam untuk bisa sampai ke Lhoong.

Lhoong memang terkenal dengan kelezatan durian dan wisata pemandiannya. Tak heran setiap akhir pekan lokasi itu selalu dipadati wisatawan.

Seperti komunitas dosen universitas Syiah Kuala yang melakukan agrowisata ke Lhoong. Sensasi pendakian menuju kebun duren tak kalah menantang. Untuk sampai di hutan, mereka harus melewati sungai dengan air yang jernih dan bebatuan.

Lelah pun terbayarkan saat tiba di kebun. Wisatawan mulai  mencari durian jatuh di sekitar pohon. Setelah berhasil menemukan durian yang sudah ranum, mereka membawa ke pondok untuk disantap bersama.

Durian dengan cita rasa yang lezat, rasa yang manis, daging duriannya lembut sehingga dapat memanjakan lidah penikmatnya.

Frisca erwan salah seorang  wisatawan asal Banda Aceh menjelaskan bahwa dia bersama teman-temannya merasakan sensasi saat menuju kebun durian karena melewati sungai serta kerennya pemandangan.

“Kalau makan durian itu sudah biasa, tapi kalau makan durian langsung dikebunnya ditambah dengan ada adventure, hiking, ada durian jatuh kita langsung ambil, dibuka dan langsung dimakan itu sensasinya pasti berbeda”, Jelas Frisca.

Agrowisata kebun durian Lhoong ini dipopulerkan oleh Zainal Abidin, warga asli Lhoong. Dia juga membuka paket wisata bagi yang ingin merasakan sensasi makan durian langsung dari kebunnya.

Untuk sekali berburu durian, wisatawan harus merogoh kocek sebesar 150 ribu rupiah per orang. Dia juga menawarkan paket wisata berkemah disana, dengan harga 200 ribu rupiah per orang mereka bisa bermalam sambil berburu durian jatuh.

Lhoong, Aceh Besar ini merupakan kawasan wisata yang di kelola oleh masyarakat. Bukan saja wisata durian, begitu juga dengan wisata air terjun, pendakian, serta sejumlah wisata alam lainnya. Diharapkan dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke Lhong mampu menambah pendapatan warga maupun pendapatan desa.

#durian #agrowisataaceh #aceh



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.