Kompas TV klik360 sinau

Ini Dia 5 Tempat Misterius di Dunia, Ada di Mana Saja?

Selasa, 27 Juli 2021 | 11:21 WIB

KOMPAS.TV - Ada beberapa tempat misterius di dunia yang berusia ribuan tahun, dan membuat para ilmuwan penasaran mempelajari sejarahnya.

Berikut ulasan tempat misterius yang ada di dunia:

1. Patung Pulau Paskah, Chili

Moai atau patung-patung batu berbentuk manusia dengan beragam ukuran ini terdapat di Pulau Paskah, yang paling besar beratnya sekitar 74.500 kilogram.

Patung ini diukir oleh suku Rapa Nui, kelompok manusia yang pertama kali singgah di Pulau Paskah, sekitar tahun 700 - 800 Masehi.

2. Stonehenge, Inggris

Merupakan salah satu situs terkenal di dunia berupa monumen batu tegak yang tersusun melingkar, diperkirakan didirikan antara 3.000 SM hingga 2.000 SM.

Diperkirakan pertama kali dibangun oleh bangsa Celctic yang ada di Inggris dari zaman besi sampai abad pertengahan.

3. Piramida Giza, Mesir

Piramida Giza peninggalan Mesir Kuno tersebut diperkirakan sudah ada sejak 4.000 tahun lalu, dan kemungkinan dibangun sebagai makam untuk para penguasa dan bangsawan.

Para ilmuwan mempelajari mulai dari siapa yang membangunnya, bagaimana cara membangun bangunan kokoh di zaman dulu, dan lain sebagainya.

4. Kota Petra, Yordania

Kota Petra merupakan sebuah situs arkeologikal yang terletak di Ma'an, Yordania. Peninggalan sejarah yang terletak 900 meter di atas permukaan laut ini dibangun dengan mengukir batu dan gunung.

Sempat ditinggalkan pada abad ke-8, situs ini mulai "ditemukan" kembali pada 1812 oleh penjelajah bernama Johann Ludwig Burckhardt.

5. Patung Pasukan Terakota, Tiongkok

Qin Terracotta Warriors and Horses Museum merupakan salah satu peninggalan bersejarah populer di Tiongkok.

Ribuan patung prajurit, kuda, dan senjata ditemukan di makam kaisar Qin Shi Huang, kaisar pertama Tiongkok yang menyatukan tujuh kerajaan menjadi satu.

Penggalian makam dilakukan pada tahun 1970-an, dan diperkirakan berusia lebih dari 2.000 tahun. Ilmuwan meyakini, proyek pembuatan patung Pasukan Terakota memakan waktu sekitar 30 tahun.(*)

Grafis: Arief Rahman

Penulis : Gempita Surya

Sumber : diolah dari berbagai sumber




BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Stok Pupuk Bersubsidi Di Sulut Aman

Sabtu, 18 September 2021 | 00:05 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
03:37
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19