Kompas TV video sinau

Ini Dia 5 Tempat Misterius di Dunia, Ada di Mana Saja?

Kompas.tv - 27 Juli 2021, 11:21 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Ada beberapa tempat misterius di dunia yang berusia ribuan tahun, dan membuat para ilmuwan penasaran mempelajari sejarahnya.

Berikut ulasan tempat misterius yang ada di dunia:

1. Patung Pulau Paskah, Chili

Moai atau patung-patung batu berbentuk manusia dengan beragam ukuran ini terdapat di Pulau Paskah, yang paling besar beratnya sekitar 74.500 kilogram.

Patung ini diukir oleh suku Rapa Nui, kelompok manusia yang pertama kali singgah di Pulau Paskah, sekitar tahun 700 - 800 Masehi.

2. Stonehenge, Inggris

Merupakan salah satu situs terkenal di dunia berupa monumen batu tegak yang tersusun melingkar, diperkirakan didirikan antara 3.000 SM hingga 2.000 SM.

Diperkirakan pertama kali dibangun oleh bangsa Celctic yang ada di Inggris dari zaman besi sampai abad pertengahan.

3. Piramida Giza, Mesir

Piramida Giza peninggalan Mesir Kuno tersebut diperkirakan sudah ada sejak 4.000 tahun lalu, dan kemungkinan dibangun sebagai makam untuk para penguasa dan bangsawan.

Para ilmuwan mempelajari mulai dari siapa yang membangunnya, bagaimana cara membangun bangunan kokoh di zaman dulu, dan lain sebagainya.

4. Kota Petra, Yordania

Kota Petra merupakan sebuah situs arkeologikal yang terletak di Ma'an, Yordania. Peninggalan sejarah yang terletak 900 meter di atas permukaan laut ini dibangun dengan mengukir batu dan gunung.

Sempat ditinggalkan pada abad ke-8, situs ini mulai "ditemukan" kembali pada 1812 oleh penjelajah bernama Johann Ludwig Burckhardt.

5. Patung Pasukan Terakota, Tiongkok

Qin Terracotta Warriors and Horses Museum merupakan salah satu peninggalan bersejarah populer di Tiongkok.

Ribuan patung prajurit, kuda, dan senjata ditemukan di makam kaisar Qin Shi Huang, kaisar pertama Tiongkok yang menyatukan tujuh kerajaan menjadi satu.

Penggalian makam dilakukan pada tahun 1970-an, dan diperkirakan berusia lebih dari 2.000 tahun. Ilmuwan meyakini, proyek pembuatan patung Pasukan Terakota memakan waktu sekitar 30 tahun.(*)

Grafis: Arief Rahman



Sumber : diolah dari berbagai sumber

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.