Kompas TV nasional kesehatan

Serukan Masyarakat Ikuti Vaksinasi, Ganip Warsito: Agar Diri Kita Terlindungi dari Covid-19

Kompas.tv - 25 Juli 2021, 15:55 WIB
serukan-masyarakat-ikuti-vaksinasi-ganip-warsito-agar-diri-kita-terlindungi-dari-covid-19
Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Ganip Warsito saat meninjau Rumah Sakit Lapangan Bambanglipuro di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (24/7/2021). (Sumber: Dok. BNPB)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

 

BANTUL, KOMPAS.TV - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyerukan kepada masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi demi meningkatkan ketahanan tubuh terhadap virus Corona.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito saat meninjau langsung Rumah Sakit Lapangan Bambanglipuro di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (24/7/2021).

“Apabila ada program vaksinasi, maka ikuti program itu. Hanya itu caranya agar diri kita terlindungi dari Covid-19,” kata Letjen TNI Ganip Warsito.

Baca Juga: Warga di Bantul Saling Bantu Sediakan Nasi Gratis Bagi Warga yang Jalani Isoman

Selain melalui vaksinasi, dalam kunjungan itu Ganip juga menyebut apresiasi tinggi kepada Bupati Bantul, Forkompimda, dan pengurus isolasi terpusat yang sudah bekerja.

Menurutnya tempat isolasi didirikan sebagai upaya mendukung penanganan pasien Covid-19 khususnya di Kabupaten Bantul.

“Penghargaan kepada Bupati Bantul, Forkopimda, dan pengurus isolasi terpusat yang sudah bekerja dengan keras sejak tahun lalu sehingga terbentuk tempat isolasi yang memenuhi syarat,” tambah Ganip.

Baca Juga: Rata-Rata per Hari, 5 Pasien Covid-19 di Bantul Meninggal Saat Isolasi Mandiri

Menurut data Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul pada Sabtu (24/7) fasilitas isolasi terpusat pasien Covid-19, meliputi shelter Niten Sewon, shelter Patmasuri Sewon, dan shelter SKB. Selain itu, Pemkab Bantul juga telah mendirikan Rumah Sakit Lapangan Bambanglipuro dan mengaktifkan Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di 5.905 lingkungan Rukun Tetangga (RT) yang ada di 75 kelurahan.

Dinkes Bantul juga mencatat, setelah pelaksanaan PPKM ada sebanyak 2.490 RT yang masuk Zona Hijau (zona tanpa kasus COVID-19), 2.836 RT yang berada di Zona Kuning (zona risiko penularan rendah), dan 505 RT yang ada di Zona Oranye (zona risiko penularan sedang).

Baca Juga: Risma Marah Besar Saat Cek Penerima Bantuan Pangan Sembako di Tuban, Ini Kronologinya

Sementara itu, seiring dengan meningkatnya kasus harian di Bumi Projotamansari, Dinas Kesehatan setempat berencana menambah ketersediaan tempat tidur atau BOR khusus pasien isolasi Covid-19.

"Alhamdulillah kemarin Deputi dari Kemenko Marves mengunjungi sini (RSLKC) dan diskusi. Akhirnya sepakat untuk menambah kapasitas tempat tidur rumah sakit rujukan (COVID-19) dan RSLKC di Bantul," pungkas Kepala Dinkes Bantul Agus Budi Raharja.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x