Kompas TV entertainment musik

Ian Antono Akui "Panggung Sandiwara" Jadi Lagu Tercepat yang Dibuat

Kompas.tv - 25 Juli 2021, 12:45 WIB
ian-antono-akui-panggung-sandiwara-jadi-lagu-tercepat-yang-dibuat
Ian Antono (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam sebuah acara musik K-akustik yang digelar Kompas.com di Studio Sinergi Jakarta, Ian Antono bicara panjang lebar terkait pembuatan lagu-lagu God Bless. 

Ian Antono mengakui bahwa banyak lirik-lirik lagu God Bless dibuat bersama budayawan, hingga wartawan.

Ian bercerita soal bagaimana makna soal lagu "Rumah Kita" hingga "Panggung Sandiwara" yang liriknya dibuat Taufik Ismail saat itu.

"Saya pertama kali datang ke Jakarta, sempat timbul penyesalan, frustrasi, dan malu setelah pergi dari rumah, dari keluarga. Mau gimana, tetap lebih enak rumah sendiri," kenang Ian Antono menjelaskan makna lagu "Rumah Kita".

Berkait dengan lagu populer God Bless yang berjudul "Rumah KIta", Ian, dengan gitar akustiknya, juga menerangkan soal chord asli lagu tersebut.

Asal tahu saja, lagu itu sudah dibawakan oleh banyak artis musik lain, dengan beragam aransemen musik, dalam banyak kesempatan.

"Awalnya, nada dasarnya A," kata Ian sambil memainkan progresi chord lagu itu.

Dalam K-akustik, Ian juga mengatakan bahwa God Bless sering bekerja sama dengan wartawan atau penyair dalam menulis lirik lagu. Penyair Taufik Ismail, contohnya, menciptakan lirik "Panggung Sandiwara".

"Lagu ini dibuat paling cepat, saat itu pagi hari, saat kami masih fresh. Lagunya agak aneh, dibuat mas Taufik Ismail. Saya langsung ambil gitar dan coba-coba cari nada, langsung ketemu," lanjut Ian Antono.

Menurut Ian Antono, lagu itu jadi yang tercepat dibuat karena tidak sampai sehari. Ian juga akui liriknya sangat berbeda, karena di tahun itu 1977 (lagu "Panggung Sandiwara" dirilis) banyak lirik hanya soal cinta.

"Model lirik untuk "Panggung Sandiwara" saat itu jarang sekali, saat itu liriknya kebanyakan cinta-cintaan," imbuh Ian.



Sumber : Kompas TV / Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x