Kompas TV regional berita daerah

Titik Panas Meningkat Kualitas Udara Palembang Masih Normal

Kompas.tv - 25 Juli 2021, 07:30 WIB
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Titik panas di sejumlah daerah di Sumatera Selatan terus meningkat dalam sebulan terakhir. Namun, kualitas udara di Kota Palembang terutama parameter PM-10, masih dalam kategori baik.

Dari Citra Satelit Lapan, dalam sebulan terakhir ada 23 titik panas dengan tingkat kepercayaan tinggi yang tersebar di Sumatera Selatan.

Sementara menurut pengukuran alat pemantau kualitas udara milik Dinas Lingkungan Hidup Dan Pertanahan Sumatera Selatan, Indeks Standar Pencemaran Udara atau ISPU di Kota Palembang masih dalam kategori baik.

Nilai partikulat meter atau PM-10 masih berada pada rentang 1 hingga 50. PM-10 biasanya meningkat saat terjadinya kabut asap akibat kebakaran lahan.

Peningkatan sempat terjadi untuk parameter ozon, namun hal itu lebih dipicu cuaca yang panas seiring musim kemarau. Masih baiknya kualitas udara, turut disebabkan curah hujan yang masih turun dalam beberapa pekan terakhir.

Selain di Palembang, pemantauan kualitas udara juga dilakukan di daerah rawan kebakaran lahan seperti Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir dan Banyuasin.

Menjelang puncak musim kemarau kebakaran lahan semakin rawan terjadi, yang dapat memperburuk kualitas udara.

#titikpanas #kemarau #sumsel



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x