Kompas TV internasional kompas dunia

Studi di Amerika Serikat Sebut Obat Masitinib Dapat Hambat Virus Covid-19

Minggu, 25 Juli 2021 | 06:35 WIB
studi-di-amerika-serikat-sebut-obat-masitinib-dapat-hambat-virus-covid-19
Obat berkandungan masitinib menurut penelitian di Amerika Serikat kemungkinan efektif melawan Covid-19. Masitinib saat ini izinnya sebagai obat tumor sel mast pada anjing. (Sumber: petprescription.co.uk)

CHICAGO, KOMPAS.TV - Para peneliti di Fakultas Teknik Molekuler Pritzker dan Laboratorium Nasional Argonne Universitas Chicago (UChicago) menemukan obat Masitinib kemungkinan efektif dalam mengobati COVID-19, seperti dilansir Xinhua, Sabtu (24/07/2021).

Para peneliti itu memulai studi dengan menyaring daftar 1.900 obat yang aman secara klinis untuk melawan OC43, jenis virus corona berbeda yang menyebabkan flu biasa dan dapat dipelajari dalam kondisi keamanan hayati reguler. Mereka kemudian menguji lebih dari 30 kandidat obat teratas dalam kultur sel terhadap virus SARS-CoV-2.

Kandidat obat tersebut lalu dikirim ke kolaborator lain untuk diuji dalam melawan 3CL protease, enzim dalam virus corona yang memungkinkan virus itu bereplikasi di dalam sebuah sel.

Para peneliti menemukan dari kandidat-kandidat obat itu, Masitinib sepenuhnya menghambat enzim virus 3CL di dalam sel, sebuah fakta yang dikonfirmasi melalui kristalografi sinar-X.

Obat ini secara khusus mengikat pada lokasi aktif 3CL protease dan menghambat replikasi virus itu lebih lanjut.

Baca Juga: Isi Percakapan Jokowi dan Menkes Budi Gunadi Usai Sidak Obat di Bogor!

Ilustrasi penelitian di laboratorium. Secara paralel, para peneliti mulai menguji Masitinib dalam kultur sel terhadap virus lain dan menemukan bahwa obat ini juga efektif dalam melawan picornavirus, yang meliputi Hepatitis A, polio, dan rhinovirus yang menyebabkan flu biasa, seperti dilansir Xinhua, Sabtu, (24/07/2021).(Sumber: Kompas.id/ HERU SRI KUMORO)

Selanjutnya, para peneliti menguji obat itu pada model tikus. Mereka menemukan Masitinib mengurangi jumlah virus (viral load) SARS-CoV-2 hingga lebih dari 99 persen dan mengurangi tingkat sitokin inflamasi pada tikus.

Secara paralel, para peneliti mulai menguji Masitinib dalam kultur sel terhadap virus lain dan menemukan bahwa obat ini juga efektif dalam melawan picornavirus, yang meliputi Hepatitis A, polio, dan rhinovirus yang menyebabkan flu biasa.

Mereka juga mengujinya dalam kultur sel terhadap tiga varian SARS-CoV-2, yaitu Alpha, Beta, dan Gamma, dan menemukan Masitinib menunjukkan hasil yang sama dalam melawan varian-varian tersebut karena obat ini mengikat pada protease dan bukan pada permukaan virus.

Para peneliti sedang bekerja sama dengan perusahaan farmasi yang mengembangkan Masitinib untuk mengubahnya menjadi obat antivirus yang lebih efektif.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Xinhua


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Kupon Togel Berserakan

Selasa, 21 September 2021 | 18:37 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
18:56
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19