Kompas TV internasional kompas dunia

Media Dunia: Menipisnya Stok Vaksin di Indonesia Ancam Upaya Percepatan Vaksinasi Covid-19

Minggu, 25 Juli 2021 | 02:15 WIB
media-dunia-menipisnya-stok-vaksin-di-indonesia-ancam-upaya-percepatan-vaksinasi-covid-19
Siswi SMP usia anak mengikuti vaksinasi Covid-19 di halaman parkir Kebun Binatang Gembira Loka, Umbulharjo, Yogyakarta, Selasa (13/07/2021). (Sumber: ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Upaya percepatan vaksinasi di Indonesia terpaksa harus melewati serangkaian hambatan karena stok vaksin Covid-19 yang siap pakai hampir habis digunakan.

Hambatan ini membuat Indonesia tidak bisa memenuhi target satu juta suntikan per hari dalam seminggu terakhir, seperti dilansir Straits Times, Sabtu, (24/07/2021)

Meskipun Indonesia menerima lebih banyak pasokan vaksin CoronaVac dalam pengiriman beruntun baru-baru ini, pengiriman tersebut adalah dosis tidak aktif yang membutuhkan satu setengah bulan untuk diproses sebelum dapat didistribusikan, seperti dikatakan seorang pejabat pemerintah yang tidak bersedia disebutkan namanya kepada The Straits Times.

Vaksin yang tidak aktif terdiri dari partikel virus yang dikultur dalam laboratorium dan kemudian dibunuh untuk mengekang kapasitas mereka memproduksi penyakit.

Bahan baku vaksin Covid-19 berbeda dengan mayoritas stok yang ada dan digunakan di Indonesia saat ini yang sebagian besar terdiri dari vial atau dosis siap pakai.

Baca Juga: Capaian Vaksinasi Baru 43 Persen, Stok Vaksin di Kota Malang Habis

TNI melanjutkan progran serbuan vaksin covid-19 kepada masyarakat usia 12 tahun ke atas. Berlokasi di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan kamis pagi (22/07/2021) menargetkan seribu orang dapat menerima dosis vaksin setiap harinya. (Sumber: Anggi/KompasTV)

Saat ini ada sekitar 15 juta dosis yang tersisa, menurut laporan Straits Times, tetapi banyak di antaranya akan diprioritaskan untuk suntikan kedua pada bulan Agustus, tambah pejabat yang berbicara dengan syarat anonim.

Indonesia, yang paling parah dilanda Covid-19 di Asia saat ini, sebagian besar bergantung pada CoronaVac buatan Sinovac untuk upaya vaksinasi nasionalnya yang dimulai pada pertengahan Januari lalu.

Indonesia sejauh ini berhasil menyuntikkan satu juta dosis vaksin Covid-19 sehari selama setidaknya tujuh hari di bulan Juli dan satu hari di akhir Juni.

Tetapi angka tersebut turun ke tingkat di bawah satu juta dosis per hari selama tujuh hari terakhir, menurut data pemerintah. Hanya sekitar 700.000 dosis yang diberikan pada hari Sabtu (24/07/2021).

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Straits Times




BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Ungkap Sindikat Narkoba Jaringan Lapas

Senin, 13 September 2021 | 17:29 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
17:50
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19