Kompas TV internasional kompas dunia

Media Dunia Soroti Positif Relawan Penggali Makam Korban Covid-19 di Cipenjo

Minggu, 25 Juli 2021 | 06:10 WIB
media-dunia-soroti-positif-relawan-penggali-makam-korban-covid-19-di-cipenjo
Seorang pria beristirahat setelah mempersiapkan makam untuk korban Covid-19, di pemakaman Cipenjo, Bogor, Jawa Barat, Indonesia pada 14 Juli 2021. (Sumber: AP Photo/Achmad Ibrahim)

CIPENJO, KOMPAS.TV — Dengan mengenakan jas dan masker hazmat, para penggali makam di Pemakaman Cipenjo, Bogor, pinggiran Jakarta, mengaku tidak menghitung berapa banyak makam yang sudah mereka gali.

Meski bekerja hingga larut malam, seperti dilaporkan Associated Press, Sabtu, (24/07/2021), jenazah korban Covid-19 terus berdatangan dengan mobil jenazah.

Selama dua minggu terakhir mereka memakamkan lebih dari 10 jenazah per hari, naik dari sebelumnya yang hanya dua jenazah per hari. Kenaikan jumlah jenazah ini menjadi sebuah pertanda gelombang dahsyat yang menyapu Indonesia, yang sekarang menjadi titik api Covid-19 di Asia dengan lebih dari 80.000 kematian akibat Covid-19 dan lebih dari 3 juta kasus terkonfirmasi sejak awal pandemi.

Petugas Rumah Sakit dengan pakaian pelindung membawa peti mati korban Covid-19 menuju liang lahat di pemakaman Cipenjo, Kabupaten Jawa Barat, 14 Juli 2021 (Sumber: AP Photo/Achmad Ibrahim)

Lonjakan drastis itu membuat sumber daya tenaga pemakaman kewalahan, dan mereka mendapat bantuan sukarelawan untuk menyelesaikan tugas mulia juru pemakaman.

“Keluarga korban meminta bantuan tokoh masyarakat untuk mencari penggali makam. Karena akan lebih berisiko jika mereka menunggu lama di pemakaman," kata Jaya Abidin dengan beberapa tetangganya seperti dilansir Associated Press, Sabtu (24/07/2021).

Warga desa, anggota keluarga dan sukarelawan terlihat menggali makam bagi korban Covid-19 yang akan dimakamkan di pemakaman Cipenjo, Kabupaten Bogor, sebelum jenazah tiba di pemakaman. (Sumber: AP Photo/Achmad Ibrahim)

Mereka baru-baru ini membantu memakamkan empat warga dari lingkungan mereka, yang semuanya meninggal dalam waktu seminggu.

Tidak hanya di Cipenjo, sukarelawan yang berasal murni dari masyarakat bermunculan di seluruh Indonesia, tradisi dan adat istiadat turun temurun berbagai suku bangsa dan kelompok masyarakat Indonesia yang sudah sejak lebih dari seribu tahun mewarnai negara kepulauan ini. 

Warga desa dan kerabat menjalankan shalat jenazah bagi dua jenazah korban Covid-19 di pemakaman Cipenjo, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 14 Juli 2021. (Sumber: AP Photo/Achmad Ibrahim)

Setiap ada peristiwa, baik peristiwa bahagia maupun peristiwa duka, pada akhirnya menjadi kegiatan komunal, terutama di wilayah pedesaan dan pedalaman yang masih menjalankan dengan kuat tradisi dan budaya, seperti dilaporkan Kompas TV.

Di banyak kawasan pedesaan dan pinggiran kota besar Indonesia, setiap ada keluarga yang mengalami kedukaan seperti meninggalnya anggota keluarga, tetangga dan warga desalah yang membantu keluarga mengurus semua keperluan. Mulai dari pemulasaraan, upacara agama, mempersiapkan dan melakukan pemakaman, bahkan hingga menyediakan segala kebutuhan makanan selama beberapa hari bagi keluarga yang baru ditimpa kemalangan.

Pekerja dari Rumah Sakit dengan pakaian pelindung menurunkan peti jenazah korban Covid-19 di pemakaman Cipenjo, Kabupaten Bogor, sementara sukarelawan penggali makam terlihat menjaga jarak aman. (Sumber: AP Photo/Achmad Ibrahim)

Angka pemerintah menunjukkan lebih dari 1.000 orang meninggal setiap hari selama seminggu terakhir, termasuk rekor 1.565 pada hari Jumat, dan hari Sabtu (24/07/2021) di seluruh Indonesia ada 1.415 korban meninggal menurut catatan resmi pemerintah, belum lagi yang belum tercatat maupun tidak tercatat. 

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:47
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19