Kompas TV nasional peristiwa

100 Ton Oksigen Impor dari India Tiba di Tanjung Priok

Kompas.tv - 24 Juli 2021, 18:00 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV  - Kapal angkatan laut India Airavat yang mengangkut bantuan oksigen tiba di dermaga 203 pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara, Sabtu (24/7/2021). 

Bantuan oksigen ini dikirim pemerintah India, karena kebutuhan Indonesia melonjak drastis seiring dengan meningkatnya kasus Covid-19 di tanah air. 

Selain itu bantuan ini juga merupakan aksi balas budi pemerintah India kepada indonesia yang pernah mengirim bantuan serupa. 

“Kita ingat bahwa saat ini mengalami hal yang sama kenaikan yang sangat drastis covid19, pemerintah dan rakyat Indonesia memberi bantuan ke pada rakyat India pada waktu itu, oksigen plus tabung ya, ini merupakan salah satu bentuk saling support yang sangat erat dari India Indonesia, untuk pendistribusian ini akan dikelola pusat krisis kesehatan kementerian kesehatan, tadi kita ketahui bapak duta besar India, sudah menyerahkan secara simbolis, bantuan tersebut kepada pusat kesehatan, nantinya penanggung jawab distribusinya kepada kementerian kesehatan, dan sudah ada alokasi alokasi distribusinya dan ini kita akan kita laporkan nanti.”ujar Jatmiko Heru Prasetyo, Direktorat Asia Selatan dan Tengah Kemenlu.

Lebih lanjut tercatat ada 300 oksigen konsentrator atau mesin membuat oksigen, serta 100 ton oksigen liquid.

Selain kebutuhan oksigen, Indonesia juga bekerja sama dengan India untuk memenuhi kebutuhan obat-obatan di dalam negeri. 

“Kalo India ini ada 300 oksigen persen leters, dan itu alat untuk membuat oksigen, kemudian seratus metrik ton oksigen liqwit, dalam Tangki Tanki oxitenk, kita liat ada beberapa buah itu adalah per 20 ton, jadi totalnya ada 100 ton,”ujar Jatmiko. 

Video Editor: Vila
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.