Kompas TV nasional peristiwa

Antisipasi Demo Jokowi End Game, Lalu Lintas Bundaran HI Menuju Istana Ditutup

Kompas.tv - 24 Juli 2021, 15:17 WIB
antisipasi-demo-jokowi-end-game-lalu-lintas-bundaran-hi-menuju-istana-ditutup
Air mancur pada bundaran HI, memperlihatkan air membentuk lintasan parabola merupakan salah satu bukti peristiwa fisis gerak parabola. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KKOMPAS.TV - Menyusul tersiarnya seruan aksi 'Jokowi End Game' di media sosial, arus lalu lintas dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) menuju Istana Negara, Jakarta Pusat, akan ditutup.

Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Dermawan Karosekali mengatakan arus di jalan utama tersebut akan disekat dengan MCB dan barrier.

"Kemudian di depan Pertamina juga kami sekat dengan MCB dan barrier serta di Harmoni," kata Dermawan  kepada wartawan, Sabtu (24/7/2021).

Penutupan arus tersebut, lanjutnya, bersifat situasional, bergantung pada situasi di lapangan.

"Ada beberapa titik yang dipasang batu MCB dan saat ini belum ada penutupan, nanti apabila ada ekskalasi atau masyarakat akan berunjuk rasa ramai maka akan diadakan rekayasa lalu lintas seperti penutupan arus dengan menggunakan batu dan kawat barrier kalau sekarang masih diberikan kesempatan bagi warga," tambahnya.

Baca Juga: Kawal Demo Jokowi End Game, 3.385 Personel Gabungan Dikerahkan

Tidak hanya di Bundaran Hotel Indonesia, kata Dermawan, penyekatan di titik-titik pos Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), juga diperketat.

Selain itu, sebanyak 400 personel Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga diterjunkan di Bundaran Senayan, Jakarta Pusat, sampai kawasan Glodok, Jakarta Barat. 

Pasalnya, ada rencana longmarch dari kawasan Glodok sampai ke Istana Negara dalam aksi ini .

Menurut Dermawan, belum ada izin unjuk rasa yang diterima pihak kepolisian hingga kini.

Untuk itu, ia mengimbau massa agar tidak melakukan demonstrasi.

"Jadi tiap yang akan melaksanakan aksi di sini akan segera kami imbau untuk membubarkan diri," ujarnya.

Sebelumnya, diberitakan KOMPAS TV, sebanyak 3.385 personel gabungan TNI-Polri dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengawal dan mengamankan demo yang dikabarkan digelar hari ini, Sabtu (24/7/2021).

"Ada 3.385 orang siap mengamankan demo," sambung Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Kombes Pol Marsudianto saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu.

Marsudianto mengatakan, personel pengamanan tersebut akan ditempatkan di dua lokasi yang menjadi lokasi digelarnya aksi demonstrasi.

"Personel dikerahkan di sekitar Monas dan DPR," tambahnya.

Selain personel pengamanan, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga telah mengerahkan 350 orang personel polisi lalu lintas untuk mengawal kelancaran arus lalu lintas di sekitar lokasi unjuk rasa.

Adapun seruan aksi nasional bertajuk "Jokowi End Game" untuk menuntut Presiden Joko Widodo juga untuk menolak PPKM Darurat yang kini berubah nama jadi PPKM Level 4.

Baca Juga: Jokowi Ibaratkan Kerja Sama Australia-Indonesia Seperti Film The Avengers End Game



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.