Kompas TV internasional kompas dunia

Khamenei: Jangan Salahkan Rakyat yang Protes Krisis Air Bersih

Sabtu, 24 Juli 2021 | 15:25 WIB
khamenei-jangan-salahkan-rakyat-yang-protes-krisis-air-bersih
Pimpinan spiritual Iran, Ayatollah Ali Khamenei, meminta agar tidak menyalahkan rakyat karena memprotes kekurangan air bersih, dan meminta pejabat pemerintah Iran menangani krisis tersebut, Jum'at, 23 Juli 2021  (Sumber: Anadolu Agency)

DUBAI, KOMPAS.TV - Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei pada Jumat (23/07/2021) mengatakan, jangan menyalahkan rakyat karena memprotes kekurangan air, serta meminta para pejabat pemerintah Iran untuk menangani krisis tersebut.

Warga Iran turun ke jalan dalam jumlah besar selama lebih dari satu minggu terakhir untuk melampiaskan kemarahan atas kurangnya pasokan air bersih yang terjadi selama kekeringan terburuk di Iran setengah abad terakhir. Hal ini juga bersamaan dengan runtuhnya ekonomi akibat sanksi AS dan hantaman pandemi Covid-19.

Hari Jum'at, kerusuhan menyebar dari provinsi barat daya kaya minyak Khuzestan ke Kota Aligudarz di mana seorang pemuda ditembak mati dan tujuh terluka, kata seorang pejabat polisi.

Polisi menyalahkan "kontra-revolusioner" atas kekerasan itu.

"Masyarakat menunjukkan ketidaksenangan mereka, tetapi kami tidak dapat menyalahkan masyarakat karena kekurangan air bukanlah masalah kecil terutama di wilayah dengan iklim panas seperti Khuzestan," kata Khamenei mengacu pada protes tersebut, menurut TV pemerintah seperti dikutip Antara, Sabtu, (24/07/2021).

“Sekarang, alhamdulillah, semua berbagai lembaga, pemerintah dan non-pemerintah, bekerja (untuk menyelesaikan krisis air) dan harus melanjutkan dengan segala keseriusan,” tambah Khamenei.

Pengunjuk rasa di Aligudarz, di provinsi Lorestan, berbaris menunjukkan solidaritas bagi pengunjuk rasa di Khuzestan Kamis malam. Video di media sosial menunjukkan mereka meneriakkan slogan-slogan menentang Khamenei.

Kantor berita semi-resmi Fars mengutip seorang pejabat polisi yang mengatakan beberapa orang ditangkap dan ditahan setelah peristiwa kekerasan di Aligudarz, dimana empat petugas polisi tertembak dan terluka.

Setidaknya satu polisi dan tiga pemuda ditembak mati dalam protes sebelumnya, menurut pejabat Iran yang menyalahkan "perusuh" atas kematian tersebut.

Baca Juga: Demonstrasi Kekurangan Air di Iran, Satu Orang Terbunuh

Kantor berita semi-resmi Fars mengutip seorang pejabat polisi yang mengatakan beberapa orang ditangkap dan ditahan setelah peristiwa kekerasan di Aligudarz, dimana empat petugas polisi tertembak dan terluka dalam unjuk rasa memprotes krisis air bersih di Iran, 23 Juli 2021. (Sumber: AP Photo/Vahid Salemi)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Tenggiling Bersarang di Atap Rumah

Selasa, 21 September 2021 | 18:26 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
18:36
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19