Kompas TV nasional berita utama

Anaknya Dituding Terlibat Bisnis Ivermectin, Politikus PDIP Ribka Tjiptaning Ogah Menanggapi

Kompas.tv - 24 Juli 2021, 13:38 WIB
anaknya-dituding-terlibat-bisnis-ivermectin-politikus-pdip-ribka-tjiptaning-ogah-menanggapi
Politisi PDI Perjuangan yang menjabat Ketua Komisi IX DPR Ribka Tjiptaning, saat menghadiri rapat dengar pendapat dengan Komisi IX DPR RI dengan Menakertrans, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/11/2012). (Sumber: (TRIBUN/DANY PERMANA))
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ribka Tjiptaning menolak menanggapi tudingan Indonesia Corruption Watch (ICW) yang menyebut keterlibatan anaknya sebagai Direktur Pemasaran Produsen Ivermectin PT Harsen Laboratories Riyo Kristian Utomo.

Ribka Tjiptaning yang merupakan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu memilih tidak menyampuri perihal tersebut dan fokus bekerja mengurus yang sakit dan rakyat.

“Lagi urus yang sakit-sakit aja, kerja saja buat rakyat,” singkat Ribka Tjiptaning dalam pesan singkatnya kepada Kompas TV, Sabtu (24/7/2021).

Sebelumnya, ICW menuding anak politikus PDI Perjuangan Ribka Tjiptaning, Riyo Kristian Utomo, terlibat dalam promosi bisnis obat Ivermectin.

Baca Juga: Setelah Moeldoko, ICW Tuding Anak Ribka Tjiptaning Terlibat Promosi Ivermectin

“Ada yang kami cermati juga dalam hal ini, kaitannya dengan partai politik, dalam hal ini adalah PDIP. Keterkaitannya adalah pertama ada nama Riyo Kristian Utomo, dia seperti Sofia Koswara tidak tercatat dalam akta perusahaan PT Harsen,” kata Peneliti ICW Egi Primayogha, Jumat (23/7/2021).

"Tapi dalam berbagai pemberitaan dia diketahui sebagai Direktur Pemasaran atau Direktur Marketing dari PT Harsen Laboratories,” tambahnya.

Namun, sambung Egi Primayogha, ketika polemik Ivermectin muncul di bulan Juni lalu, nama Riyo sempat ditampik sebagai pengurus Harsen Laboratories.

“Apa yang dia ucapkan di media tidak dianggap sebagai pernyataan PT Harsen Laboratories,” ujarnya.

Baca Juga: Moeldoko Bantah Terlibat Promosi Ivermectin seperti Temuan ICW

“Ini juga menimbulkan pertanyaan kenapa PT Harsen harus repot-repot untuk mengklarifikasi Riyo bukan bagian perusahaan mereka,” lanjutnya.

Egi Primayogha mengaku ICW melakukan penelusuran, ternyata Riyo Kristian Utomo adalah anak kandung Ribka Tjiptaning, politikus PDIP anggota DPR RI yang namanya sempat menjadi kontroversi.

“Ketika itu dia di Komisi Kesehatan dan dia menolak vaksin, hingga akhirnya dia dipindah ke Komisi Energi,” katanya.

Egi Primayogha menuturkan, keterkaitannya soal Ivermectin tidak hanya terlihat melalui Riyo.

Egi mengatakan, ICW juga menemukan video amatir yang menunjukkan hubungan antara Harsen dengan Ribka maupun PDIP.

Tidak hanya Rio, anak Ribka Tjiptaning, ICW juga menuding Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko memiliki andil dalam persoalan Ivermectin.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x