Kompas TV nasional politik

Mahfud MD Imbau Masyarakat Tetap Tenang, Mari Jaga Negara Ini Agar Tetap Kondusif

Kompas.tv - 23 Juli 2021, 22:52 WIB
mahfud-md-imbau-masyarakat-tetap-tenang-mari-jaga-negara-ini-agar-tetap-kondusif
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah melalui Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan menjaga negara untuk tetap kondusif.

Pernyataan itu disampaikan Mahfud MD bersamaan dengan santernya rencana unjuk rasa dengan tema "Jokowi End Game" yang akan dilaksanakan besok, Sabtu (24/7/2021).

"Kepada seluruh masyarakat diharapkan untuk tetap tenang dan menjaga kondisi ketertiban dan keamanan di wilayah masing-masing. Mari jaga negara ini agar tetap menjadi kondusif sambil berusaha bersama-sama menyelesaikan berbagai persoalan terutama menyelesaikan Covid-19," kata Menko Polhukam Mahfud MD dalam siaran pers yang diterima Kompas TV, Jumat (23/7/2021).

Baca Juga: Mahfud MD: Silakan Sampaikan Aspirasi, yang Penting Bertujuan Sama, Menyelamatkan Rakyat Indonesia

Menurut Mahfud MD, sejak kasus Covid-19 diumumkan pertama kali di Indonesia hingga kini pemerintah terus melakukan penanganan terutama untuk menyelamatkan rakyat. Salah satu yang dilakukan pemerintah, yakni dengan mengambil sejumlah kebijakan dan langkah-langkah.

Beberapa langkah yang sudah dilakukan, mulai dari pengobatan kasus Covid-19 hingga pencegahan penularan dengan mengambil langkah pembatasan masyarakat. Mahfud menyadari bahwa dalam pelaksanaannya kebijakan itu tidak semua masyarakat mau menerima.

"Pemerintah tentu harus mengambil keputusan dan telah mengambil keputusan di antara berbagai pendapat yang ada itu. Oleh sebab itu, untuk kebijakan dan langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah itu tidak semuanya bisa diterima oleh masyarakat," tambah Mahfud.

Baca Juga: Sambut Hari Anak Nasional, Bobo Creative Week 2.0 Ajak Anak & Orang Tua Belajar dengan Menyenangkan

Terkait hal itu, pihaknya secara terbuka mempersilakan masyarakat untuk dapat memberi aspirasi kepada pemerintah dengan prosedur yang sudah ditetapkan.

Menurut Mahfud MD aspirasi dapat dilakukan dengan cara mengirim aspirasi tertulis, melalui telepon, melalui media, atau hal lain dengan memiliki tujuan sama, yaitu menyelamatkan rakyat Indonesia.

Mahfud menyebut pemerintah telah dengan segala daya dan upaya menangani Covid-19 secara terbuka dan transparan melalui analisis data serta metode-metode ilmiah agar pandemi bisa segera selesai.

"Oleh sebab itu, dalam kerangka mencari jalan yang baik bersama, silakan sampaikan aspirasi yang penting semuanya punya tujuan yang sama, yaitu menyelamatkan rakyat Indonesia. Aspirasi (disampaikan secara) resmi tertulis, melalui telepon, melalui media, dan melalui apa pun yang penting semuanya ikut prosedur yang telah ditetapkan dalam rangka mencapai satu tujuan, yaitu menjaga keselamatan bersama dan menjaga keselamatan rakyat," jelasnya.

Baca Juga: Respons Unjuk Rasa Besok, Polda Metro Jaya: Lihat Rumah Sakit dan Kuburan Sudah Penuh

Mahfud juga berharap masyarakat di Indonesia dapat menjadi manusia martabat di muka bumi di tengah bangsa-bangsa lain.

"Negara indonesia ini adalah berkah yang dilimpahkan oleh Allah kepada kita agar kita bisa maju, sejahtera dan menjadi manusia yang bermartabat di muka bumi di tengah bangsa-bangsa yang lain," pungkasnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x