Kompas TV video internasional

Ditanya Soal Kewajiban Pakai Masker, Presiden Joe Biden: Kita Ikuti Sains

Kompas.tv - 23 Juli 2021, 21:05 WIB
Penulis : Aryo bimo

WASHINGTON DC, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengatakan bahwa pemerintahannya mengikuti bimbingan pejabat kesehatan dan bahwa belum ada keputusan untuk mengubah panduan Covid-19 tentang pemakaian masker.

Gedung Putih dan pejabat kesehatan masyarakat telah membahas apakah akan memperbarui panduan masker karena lonjakan infeksi Covid-19 yang diduga diakibatkan munculnya varian Delta yang sangat menular.

"Saya akan secepatnya menjawab pertanyaan tentang Covid. Kita ikuti sains. Apa yang terjadi sekarang adalah hasil kajian ilmiah besar dan kelompok 25 orang yang kita satukan sedang melihat semua kemungkinan apa yang terjadi sekarang," ucap Biden kepada wartawan.

Biden juga menyerukan warganya untuk segera melakukan vaksinasi. Ia kemudian menyebutkan hasil riset kedokteran yang membuktikan bahwa vaksinasi dapat mengurangi risiko kematian.

"Kita alami pandemi di tengah mereka yang belum vaksinasi. Jika anda sudah vaksin, anda aman. Jika anda vaksin, anda memiliki 98% kesempatan untuk tidak tertular. Jika tetap terpapar, anda akan kebal, sejauh ini, anda tidak akan dibawa ke rumah sakit. Anda tidak akan sakit," lanjutnya.

Sekretaris Pers, Jen Psaki, sebelumnya bersikeras bahwa Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, dan bukan Gedung Putih, membuat keputusan tentang kesehatan masyarakat.

Panduan saat ini adalah bahwa individu yang sudah sepenuhnya divaksinasi tidak perlu memakai masker, sementara mereka yang tidak divaksinasi harus terus memakainya.

Video Editor: Lisa Nurjannah



Sumber : APTN

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.