Kompas TV olahraga olimpiade tokyo

Olimpiade Tokyo 2020: Korea Selatan Dominan, Tim Panahan Indonesia Tembus 10 Besar

Kompas.tv - 23 Juli 2021, 21:06 WIB
olimpiade-tokyo-2020-korea-selatan-dominan-tim-panahan-indonesia-tembus-10-besar
Atlet panahan putri Korea Selatan, An San. (Sumber: koreatimes.co.kr/)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Hariyanto Kurniawan

TOKYO, KOMPAS.TV - Atlet-atlet Korea Selatan mendominasi dalam babak penentuan peringkat cabang olahraga panahan Olimpiade Tokyo 2020. Sedangkan tim panahan Indonesia sanggup menembus 10 besar nomor beregu putra. 

Dalam babak penentuan peringkat cabor panahan yang digelar di Lapangan Yumenoshima pada Jumat (23/7/2021) pagi hingga siang, Korea Selatan mendominasi di nomor perorangan putri. 

Atlet panahan putri Korea Selatan, An San sukses memecahkan rekor olimpiade milik Lina Heasimenko yang tercipta pada Olimpiade Atlanta 1996. 

An San sukses membuat 680 poin, unggul 7 poin dari rekor olimpiade sebelumnya. 

Baca Juga: Atlet Panah Indonesia, Diananda Choirunisa Hadapi Denmark di Babak 32 Besar Olimpiade Tokyo 2020

Selain itu, untuk nomor perorangan putri, tiga peringkat teratas ditempati atlet Korea Selatan. Jan Minhee yang mencetak 677 poin dan Kang Chae Young (675) secara berurutan mengekor An San. 

"Saya tidak menyangka bisa memecahkan rekor. Saya senang, ini pertama kalinya saya tampil di Olimpiade. Saya sangat memecahkan rekor ini," ungkap An San tentang pemecahan rekor olimpiade, dikutip dari World Archery.

"Semuanya berjalan sesuai rencana. Meskipun sempat disulitkan angin, semua berjalan baik-baik saja. Saya suka dengan penampilan saya."

Satu-satunya wakil perorangan putri Indonesia, Diananda Choirunisa, berada di peringkat 40 dari total 64 pemanah. Nisa akan menghadapi wakil Denmark, Maja Jager di babak selanjutnya.

Di sisi lain, Indonesia juga berhasil menembus 10 besar di nomor beregu putra. 

Baca Juga: Profil Atlet Olimpiade, Alviyanto Bagas dan Arif Dwi Pangestu

Dengan total raihan 1979 poin, Riau Egi Agatha dan kolega mampu mengakhiri laga di posisi tujuh, unggul atas regu India, Kazakhstan, serta Britania Raya. 

Total poin tersebut adalah akumulasi dari tiga hasil atlet putra Indonesia di penentuan peringkat nomor perorangan putra. 

Tiga atlet tersebut adalah Alviyanto Bagas Prastyadi, Arif Dwi Pangestu, Riau Ega. Riau Ega mencetak 666 poin, Alviyanto dengan total 658 poin, sementara Arif dengan raihan skor 655. 

Hasil tersebut membuat ketiganya lolos ke babak 64 besar, serta melaju ke 16 besar nomor beregu putra. Di babak berikutnya, tim beregu putra Indonesia akan melawan wakil Amerika Serikat. 
 



Sumber : World Archery

BERITA LAINNYA



Close Ads x