Kompas TV entertainment musik

Kiprah Donny Fattah, Sosok Bassist God Bless yang Tidak Tergantikan

Kompas.tv - 25 Juli 2021, 18:31 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Donny Fattah merupakan salah satu pilar awal terbentuknya band rock legendaris Indonesia, God Bless, yang masih bertahan hingga saat ini.

Lebih dari 15 kali bongkar pasang personel, posisi Donny Fattah sebagai bassist di God Bless bisa dibilang tidak pernah tergantikan.

Pemilik nama lengkap Donny Fattah Gagola ini lahir pada 24 September 1949 di Makassar.

Sosoknya dikenal sebagai musisi sekaligus pencipta lagu, dan sempat terlibat dalam penggarapan album beberapa penyanyi bernuansa rock, seperti Ikang Fawzi dan Nicky Astria.

Donny Fattah terjun ke dunia musik sejak umur belasan tahun, dan sempat bergabung dengan Fancy Junior.

Kepiawaiannya bermain bas diajarkan oleh para pemain bass top dunia, seperti Stanley Clarke dan Geedy Lee (Rush). Permainan bass miliknya memberikan warna di musik-musik God Bless.

Lima album plus dua single hit telah dilahirkan Donny Fattah bersama God Bless. Hal itu merupakan bukti kuat bahwa Donny tidak pernah absen dalam proyek album-album God Bless.

Beberapa lagu karya Donny yang melegenda di antaranya semut Hitam, Setan Tertawa, Musisi, She Passed Away, dan Anak Adam.

Kiprah Donny di ranah musik Indonesia tak cuma menggema lewat God Bless. Pada awal 90-an, Donny bersama vokalis God Bless Achmad Albar melakukan kolaborasi ciamik dengan para musisi tanah air dengan mendirikan Gong 2000.

Awal tahun 2012, Donny Fattah mengalami serangan jantung yang mengharuskan dirinya beristirahat total dari seluruh kegiatan bermusik. Donny kembali 6 bulan kemudian dengan formasi teranyar God Bless.

Di usia yang menginjak 71 tahun dan berkarya selama 48 tahun bersama God Bless, Donny sempat mengaku tidak pernah menyangka, bahwa God Bless akan populer dan menjadi legenda musik tanah air.

"Buat kami, jujur enggak ada obsesi macam-macam, karena kami dari awal berangkatnya enggak pernah mimpi untuk ngetop. Tiba-tiba, ditunjuk jadi legend," ujar Donny Fattah seperti dikutip dari Kompas.com (1/7/2016).

(*)

Grafis: Arief Rahman



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x