Kompas TV regional berita daerah

Pemkab Pekalongan Bantu PMI Sediakan Alat Donor Plasma Konvalesen

Kompas.tv - 23 Juli 2021, 18:00 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - PMI Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, menyiapkan alat untuk para pendonor plasma darah konvalesen yang akan digunakan untuk pasien Covid-19. Pengadaan alat donor konvalesen ini merupakan hibah dari pemerintah Kabupaten Pekalongan dalam rangka penanganan pandemi Covid-19.

 

Bupati Pekalongan Fadia A Rafiq dalam kunjungannya ke kantor unit donor darah Kabupaten Pekalongan mengatakan pihaknya saat ini sedang mengecek kesiapan dan kendala yang dihadapi. Sehingga apabila sudah siap semua baik alat maupun tenaga medis pengoperasian alat donor konvalesen segera dilakukan.

 

Kepala UDD PMI Kabupaten Pekalongan Suryadi menjelaskan saat ini permintaan plasma darah konvalesen meningkat untuk penyembuhan pasien Covid-19. Sementara di Pekalongan tidak ada alat untuk donor plasma konvalesen sehingga mengambil dari PMI Banyumas.

 

Plasma konvalesen adalah plasma yang diambil dari pasien Covid-19, yang telah dinyatakan sembuh untuk pasien yang masih terinfeksi. Nantinya apabila alat donor plasma konvalesen sudah bisa dipakai penyintas Covid-19 bisa ke PMI Kabupaten Pekalongan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x