Kompas TV regional berita daerah

Petugas Temukan Cacing Hati di Hewan Kurban

Kompas.tv - 23 Juli 2021, 17:51 WIB

TEGAL, KOMPAS.TV - Waspadai penyakit cacing hati pada hewan kurban, petugas pusat kesehatan hewan Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Pangan, DKP3 peternakan, Kota Tegal, Jawa Tengah, menemukan sejumlah hati sapi bercacing. Cacing jenis pita ini ditemukan usai penyembelihan hewan kurban di sebuah masjid di kelurahan Debong Lor, Kecamatan Tegal Selatan.

 

Cacing pita ini mengendap didalam hati, sehingga butuh ketelitian untuk menemukan dan mengeluarkan cacing pita dengan cara mengiris hati sapi secara melintang. Cacing pita ini sangat tipis, namun panjannya bisa tiga hingga lima centimeter.

 

Petugas Puskeswan DKP3 Kota Tegal, dokter hewan Sri Kristiyani mengatakan, pihaknya melakukan pengawasan agar daging kurban sehat dan aman dikonsumsi. Pemeriksaan hewan kurban pasca disembelih meliputi pemeriksaan paru, limpa, jantung hingga hati.

 

Dari hasil pemeriksaan pihaknya menemukan tiga ekor sapi kurban yang mengandung cacing pada hati sapi. Hati yang mengandung cacing pita sangat berbahaya jika dikonsumsi meski telah dimasak. Hal tersebut bisa mengakibatkan penyakit diare akut bagi yang memakannya.

 

Petugas meminta agar panitia kurban membuang hati yang bercacing. Guna mengantisipasi temuan serupa petugas terus melakukan pengawasan penyembelihan hewan kurban hingga hari ketiga Idul Adha, di sejumlah tempat penyembelihan hewan kurban di Kota Tegal.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x