Kompas TV regional berita daerah

Peduli Lingkungan, Warga Manfaatkan Sampah Plastik Menjadi Lampu Hias

Kompas.tv - 23 Juli 2021, 17:42 WIB
Penulis : KompasTV Jember

KOTA KEDIRI, KOMPAS.TV - Berawal dari keprihatinan melihat banyaknya sampah di lingkungannya, sejumlah warga di Kota Kediri Jawa Timur menyulap botol bekas menjadi lampu hias. Selain mampu mengurangi pencemaran, lampu hias dari sampah mampu mempercantik dan menerangi ruangan.

Sejumlah warga Kelurahan Burengan Kota Kediri sedang membuat lampu hias. Bukan dari kaca atau kertas, melainkan dari botol minuman bekas serta mangkuk plastik yang sudah tak terpakai.

Ide pembuatan lampu hias muncul dari keprihatinan warga melihat banyaknya sampah plastik di lingkungan sekitar. Dari situlah warga mulai mencoba mengkreasikan sampah botol menjadi lampu hias.

Baca Juga: Kreatif! Limbah Botol Jadi Lampu Hias

Warga menggunakan sejumlah alat sederhana dalam pembuatannya, seperti pisau dan lem plastik. Mereka bisa memproduksi 50 lampu hias dalam 3 hari.

Lurah Burengan, Adi Sutrisno mengatakan bahwa inovasi lampu hias merupakan salah satu upaya mengurangi pencemaran lingkungan dari sampah plastik. Tidak hanya itu, berkat lampu hias dari sampah, lingkungan warga terlihat lebih cantik dan terang di malam hari.

Selain digunakan pribadi, lampu hias akan dijual bebas di masyarakat. Hasil penjualan akan dikembalikan ke pihak kelurahan untuk digunakan pengolahan sampah.

 

#LampuHias #SampahPlastik #KerajinanTangan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.