Kompas TV regional berita daerah

Bupati Jember Ikut Donor Plasma Konvalesen dan Ajak ASN Lakukan Hal Serupa

Kompas.tv - 23 Juli 2021, 17:17 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Bupati Jember Jawa Timur, Hendy Siswanto donor plasma konvalesen di Palang Merah Indonesia. Hendy mengajak seluruh aparatur sipil negara yang penyintas Covid-19 untuk menyumbangkan plasma darahnya, karena dapat membantu terapi penyembuhan pasien Covid-19.

Meningkatnya kasus warga terkonfirmasi positif Covid-19 membuat pasokan plasma darah konvalesen di PMI Jember mengalami kelangkaan. Hal itu membuat Bupati Jember, Hendy Siswanto, tergerak.

Sebagai penyintas Covid-19, ia pun langsung mendonorkan plasma konvalesennya untuk warga yang membutuhkan. Plasma darah konvalesen dapat membantu terapi medis pasien Covid-19. Plasma darah konvalesen dapat mempercepat penyembuhan pasien Covid-19, karena mengandung antibodi.

Baca Juga: Bupati Jember Sumbangkan Seluruh Gajinya untuk Warga Terdampak Pandemi Covid-19

Hendy akan rutin donor plasma konvalesen setiap 2 minggu sekali, jika kondisi kesehatannya lolos dari skrining dan pemeriksaan. Ia juga mengajak seluruh ASN dan pejabat pemerintah yang penyintas Covid-19 untuk melakukan hal yang sama dengan dirinya.

Dari data PMI Jember, ketersediaan darah plasma konvalesen mengalami kelangkaan di segala jenis golongan darah.

Ketua PMI Cabang Jember, Zaenal Marzuki menjelaskan untuk mengantisipasi kelangkaan itu, PMI Cabang Jember membuka pelayanan donor darah plasma konvalesen setiap hari selama 24 jam.

 

#BupatiJember #DonorDarah #DarahPlasmaKonvalesen #PalangMerahIndonesia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x