Kompas TV regional berita daerah

Gerakan Nasi Gratis, Jogja Bantu Warga Isoman

Kompas.tv - 23 Juli 2021, 16:34 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BANTUL, KOMPAS.TV - Solidaritas warga untuk saling berbagi di masa pandemi Covid-19 dilakukan oleh warga Bantul, Yogyakarta. Sejumlah warga memberikan uang, tenaga juga waktunya untuk menyediakan nasi gratis kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri.

Berawal dari rasa duka dan prihatin melihat banyak warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 sekelompok warga di Bantul, Yogyakarta berinisiatif melakukan gerakan saling membantu. Agar manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh mereka yang terpapar Covid-19, gerakan saling bantu yang digagas oleh warga ini dikhususkan menyediakan makanan gratis untuk pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri. 

Gerakan saling bantu ini, mampu menyediakan ratusan porsi nasi gratis di 11 posko yang tersebar di Yogyakarta setiap harinya. Untuk pembiayaan, seluruhnya didapatkan dari sejumlah donatur yang bersimpati terhadap gerakan saling bantu ini. Tak hanya uang,  warga juga meluangkan waktu dan tenaga untuk mengolah bahan mentah menjadi makanan siap saji, dan mengantarkannya ke rumah-rrumah warga.

“Bekerjasama dengan para dukuh yang ada dibeberapa dusun yang ada di seluruh Yogya bekerjasama dengan satgas Covid-19 yang ada di RT-RT, kami menyuplai beberapa pasokan makanan, sejumlah 50, 100 atau berapapun yang dibutuhkan oleh para satgas Covid-19 untuk dibagikan kepada warga yang sedang isoman. Karena bagaimanapun juga bentuk perhatian itu mampu meningkatkan imunitas bagi warga yang sedang isoman,” kata Ilham Prihatin, penggiat nasi gratis Jogja.

Gerakan saling bantu melalui nasi gratis dirasakan manfaatnya oleh mereka yang sedang menjalani isolasi mandiri.

“Untuk saat ini memang sangat dibutuhkan karenasecara otomatis warga kami yang melakukan isoman di rumah tentunya mau keluar untuk mengupayakan kebutuhan logistik akan ada hambatan. Jadi dengan adanya nasi gratis ini akan sangat membantu sekali,” kata Aris Nur Hidayat, Kepala Dusun Sandean.

Berawal dari Bantul, Yogyakarta, saat ini gerakan saling bantu melalui nasi gratis ini, sudah ditularkan ke sejumlah kota di seluruh Indonesia.

#nasigratis #isoman #yogyakarta



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x