Kompas TV video cerita indonesia

Kreatif! Kelompok PKK Tanam Hidroponik Untuk Kebutuhan Selama Pandemi

Kompas.tv - 23 Juli 2021, 18:01 WIB
Penulis : Herwanto

PALU, KOMPAS.TV - Kelompok PKK di Palu kreatif memanfaatkan lahan untuk menanam tanaman hidroponik. Hasil panen dari kebun ini mereka manfaatkan untuk mencukupi kebutuhan saat Pandemi Covid-19.

Awalnya ruangan terbuka ini bantuan dari perusahaan swasta, bantuan yang diberikan berupa pembangunan fisik seperti rumah tanaman, green house dan infrastruktur lain untuk menunjang jalannya kegiatan urban farming. Selain itu masyarakat juga diberikan bantuan tanaman yang bernilai ekonomi, seperti tanaman sayur-sayuran, buah-buahan, tanaman obat keluarga (toga) dan tanaman hidroponik.

Dia mengatakan, selanjutnya urban farming ini akan dikelola oleh kelompok PKK, kelompok usaha wanita dan kelompok wanita yang berada di wilayah tersebut. 

Hidroponik sendiri berasal dari kata Yunani yaitu hydro yang berarti air dan poros yang berarti bercocok tanam. Jadi pengertian dari hidroponik adalah budidaya tanaman dengan menggunakan air sebagai media utamanya dan tanpa menggunakan media tanah.

Oleh karena itu, kemudahan yang ditawarkan oleh metode ini membuat sebagian masyarakat termasuk petani beralih dari konvensional ke hidroponik. Hal ini dikarenakan metode ini lebih efisien dan memiliki keuntungan yang tak diragukan lagi. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x