Kompas TV nasional peristiwa

Peringatan Hari Anak Nasional Megawati Kasih PR ke Anak-Anak, dari Manakah Asal Kodok?

Kompas.tv - 23 Juli 2021, 15:50 WIB
peringatan-hari-anak-nasional-megawati-kasih-pr-ke-anak-anak-dari-manakah-asal-kodok
Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri memberi pidato di peringatan Hari Anak Nasional 2021, Jumat (23/7/2021). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri meminta anak-anak dapat mengembangkan diri melalui lingkungan sekitar.

Menurut Megawati, guru yang paling baik adalah alam semesta.

Dengan melihat lingkungan sekitar, anak bisa mengenal lebih dalam hal yang ditemui. Semisal melihat hewan-hewan dan tanaman.

“Ibu ingin bertanya, nanti ini pekerjaan rumah (PR). Dari manakah asal kodok, dari manakah asal kupu-kupu? Banyak anak sekarang yang tidak mengentahui. Jadi itu PR ya dari ibu,” ujar Megawati saat memberi sambutan peringatan Hari Anak Nasional, Jumat (23/7/2021).

Baca Juga: 5 Peristiwa Penting pada 23 Juli: Peringatan Hari Anak Nasional hingga Megawati Jadi Presiden

Megawati juga meminta anak-anak untuk menghormati guru.

Ia sedih mendengar anak yang melawan guru. Padahal, sambung Megawati, dari guru-guru, mereka mendapat pelajaran di sekolah.

Megawati juga mengingatkan anak-anak merupakan generasi penerus bangsa.

Untuk itu pendidikan dan rajin belajar untuk maju ke depan dalam mempelajari hal yang berguna bagi masa depan bangsa dan diri sendiri harus menjadi pedoman.

“Anak Indonesia sangat memiliki kemampuan dan harapan, bisa bekerja keras untuk mewujudkan cita-citanya,” ujar Megawati.

Lebih lanjut Megawati juga berpesan kepada orang tua khususnya ibu untuk memberi pelindungan, mengajarkan etika, norma-norma kehidupan kepada anak.

Baca Juga: Kak Seto Minta Orang Tua Jadi Garda Terdepan bagi Kesehatan Anak di Masa Sulit Ini

“Jangan terlalu banyak nonton sinetron. Agar keluarga bahagia, anak-anak kita sehat, pintar, pandai berolah raga mencintai kehidupan,” ujar Megawati.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x