Kompas TV entertainment musik

Achmad Albar Akui Nama "God Bless" Terinspirasi dari Kartu Natal

Kompas.tv - 23 Juli 2021, 14:25 WIB
achmad-albar-akui-nama-god-bless-terinspirasi-dari-kartu-natal
Achmad Albar (Sumber: KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Achmad Albar mengungkap asal usul nama grup "God Bless" yang dibentuk pada 1973 tersebut. Menurut Achmad Albar, waktu itu band-nya manggung di diskotek dengan nama "Crazy Wheels" lantaran belum kepikiran nama band. 

"Waktu itu God Bless belum ada nama," tutur Achmad Albar dalam live streaming di Kompas.com beberapa waktu lalu.

"Waktu itu, pas latihan, manajer kami hubungannya kan erat sama pebalap, pereli, jadi kami tampil di diskotek Lemans, Jalan Juanda, Harmoni (Jakarta). Karena grup mereka belum memiliki nama tembak langsung aja. 'Apa nih nama bandnya?', 'Kami belum punya nama', 'Udah, Crazy Wheels saja, kan di sini pebalap semua.' Ya udah, tampil sekali pakai nama Crazy Wheels malam itu," lanjutnya.

Singkat cerita, kemudian lahir nama "God Bless" di kediaman Iyek,

"Lagi ngumpul waktu itu, basecamp-nya di rumah saya, waktu itu masih sama orangtua, jadi tumpleknya di situ. Saya bilang sama Fuad Hasan, 'Gimana namanya Gods (dewa-dewa) saja?' Kata dia, 'Jangan, nanti ada yang salah tangkap (kalau salah ucap jadi God)'," ujar Iyek.

Namun, Iyek tak lantas membuang nama Gods dan akhirnya ia mendapat inspirasi dari sebuah ucapan dalam kartu natal.

"Saya kan sering dikasih kartu natal di awal 1972 itu. Di kartu itu kan ada ucapan, ada God bless you. 'Nah, gimana kalau dikasih nama God Bless saja', itu (usul) dari Fuad Hasan almarhum. Dari situ Fuad kasih tahu ke teman-teman lain," terang Iyek.

Donny juga berkisah tentang sikap toleransi antar para personel "God Bless" sehingga band itu bisa mencapai usia 41 tahun.

"God Bless bisa bertahan selama 41 tahun ini karena toleransi. Setelah perjalanan panjang itu, akhirnya kami seperti kakak adik," ujar Donny Fatah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x