Kompas TV entertainment musik

Achmad Albar Akui Nama "God Bless" Terinspirasi dari Kartu Natal

Jumat, 23 Juli 2021 | 14:25 WIB
achmad-albar-akui-nama-god-bless-terinspirasi-dari-kartu-natal
Achmad Albar (Sumber: KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Achmad Albar mengungkap asal usul nama grup "God Bless" yang dibentuk pada 1973 tersebut. Menurut Achmad Albar, waktu itu band-nya manggung di diskotek dengan nama "Crazy Wheels" lantaran belum kepikiran nama band. 

"Waktu itu God Bless belum ada nama," tutur Achmad Albar dalam live streaming di Kompas.com beberapa waktu lalu.

"Waktu itu, pas latihan, manajer kami hubungannya kan erat sama pebalap, pereli, jadi kami tampil di diskotek Lemans, Jalan Juanda, Harmoni (Jakarta). Karena grup mereka belum memiliki nama tembak langsung aja. 'Apa nih nama bandnya?', 'Kami belum punya nama', 'Udah, Crazy Wheels saja, kan di sini pebalap semua.' Ya udah, tampil sekali pakai nama Crazy Wheels malam itu," lanjutnya.

Singkat cerita, kemudian lahir nama "God Bless" di kediaman Iyek,

"Lagi ngumpul waktu itu, basecamp-nya di rumah saya, waktu itu masih sama orangtua, jadi tumpleknya di situ. Saya bilang sama Fuad Hasan, 'Gimana namanya Gods (dewa-dewa) saja?' Kata dia, 'Jangan, nanti ada yang salah tangkap (kalau salah ucap jadi God)'," ujar Iyek.

Namun, Iyek tak lantas membuang nama Gods dan akhirnya ia mendapat inspirasi dari sebuah ucapan dalam kartu natal.

"Saya kan sering dikasih kartu natal di awal 1972 itu. Di kartu itu kan ada ucapan, ada God bless you. 'Nah, gimana kalau dikasih nama God Bless saja', itu (usul) dari Fuad Hasan almarhum. Dari situ Fuad kasih tahu ke teman-teman lain," terang Iyek.

Donny juga berkisah tentang sikap toleransi antar para personel "God Bless" sehingga band itu bisa mencapai usia 41 tahun.

"God Bless bisa bertahan selama 41 tahun ini karena toleransi. Setelah perjalanan panjang itu, akhirnya kami seperti kakak adik," ujar Donny Fatah.

Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:13
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19