Kompas TV regional berita daerah

BIN Bantu Mobile Lab Dan Vaksin Untuk Siswa SMP-SMA

Kompas.tv - 23 Juli 2021, 13:06 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Untuk membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19, Badan Intelejen Negara atau BIN mendonasikan bantuan mobile laboratorium Covid-19 dan vaksin untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Semarang. Untuk mempercepat vaksinasi, BIN juga melakukan jemput bola kepada warga.

Vaksinasi Covid-19 yang menyasar pelajar dan warga ini dilakukan mengingat saat ini klaster keluarga meningkat tajam. Program vaskinasi ini dipantau langsung oleh Kepala Badan Intelejen Negara, Budi Gunawan pada Rabu (21/07/2021) kemarin di SMP Negeri 1 Kota Semarang. Ia menyebut BIN membantu pemerintah melaksanakan vaksinasi untuk mempercepat herd imunity mengingat adanya peringatan dari WHO terkait munculnya varian baru Covid-19 yang dapat memperpanjang masa pandemi. Untuk mendukung upaya percepatan deteksi Covid-19, Pemerintah Kota Semarang memperoleh bantuan mobile laboratorium atau laboratorium bergerak dari BIN (Badan Intelijen Negara).

“Klaster keluarga itu menyumbang angka tertinggi, untuk positif rate yang terkena di indonesia 85 persen, dan penyebabnya rata-rata di rumah tangga dan menyerang anak-anak terutama di rumah padat penduduk, sehingga anak-anak menjadi prioritas kita. Disamping nanti kita juga akan melakukan vaksinasi door to door atau dari rumah ke rumah,” kata Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan, Kepala Badan Intelijen Negara.

Sementara itu vaksinasi yang dilakukan di SMA Negeri 4 Kota Semarang pada Kamis (22/07/2021) pagi, siswa terlihat antusias untuk medapatkan vaksin Covid-19. Sama seperti orang dewasa, siswa penerima vaksin juga harus mengikuti skrining kesehatan awal sebelum disuntik vaksin Covid-19, seperti wawancara untuk mengetahui adanya riwayat penyakit yang diderita serta pemeriksaan tekanan darah. Setelah lolos, para siswa langsung disuntik vaksin oleh tenaga kesehatan. Salah seorang siswa mengaku senang bisa mendapatkan vaksin Covid-19 dan tidak ada keluhan setelah dilakukan penyuntikan vaksin. 

“Kita ditanya terkait keluarga, pernah kontak fisik dengan siapa saja, dan apakah kita pernah mengkonsumsi obat-obatan atau sekarang sedang mengkonsumsi obat-obatan. Dan saya alhamdulillah sehat tidak merasakan pusing,” kata Fahri, siswa SMAN 4 Kota Semarang.

Selain di Kota Semarang, Jawa Tengah, BIN juga menggelar program vaksinasi Covid-19 untuk pelajar disejumlah daerah seperti Sulawesi Selatan, Riau, Kalimantan Timur, Jawa Barat dan Banten.

#covid19 #bin #vaksinasi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x