Kompas TV bisnis kompas bisnis

Tips Merespons Kritik atau Review Negatif pada Produk yang Anda Jual

Kompas.tv - 23 Juli 2021, 12:01 WIB
Penulis : Natasha Ancely

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seperti hari Jumat biasanya Kompas Bisnis menghadirkan psikolog konsumen dan bisnis yaitu Irfan Agia.

Hari ini temanya menarik sekali, yaitu bagaimana merespons sebuah kritik review negatif atau komentar yang mungkin menjatuhkan produk yang kita jual?

Agia mengatakan, kita bisa merasa terbantu bila ada konsumen yang meluangkan untuk menyampaikan kritiknya terhadap produk yang kita jual.

Selain itu, kita bisa membuat ceklis apa saja yang harus diimprove, karena kritik tersebut bersumber langsung dari konsumen yang membeli produk kita.

Agia menambahkan, hal tersebut juga bisa dijadikan sebagi riset dan memiliki data yang bagus untuk memperbaiki produk.

Agia juga menyebut, komentar negatif yang kita dapat pada dasarnya tergantung bagaimana kita menyikapinya. Dalam konteks psikologi bisnis cutomer ingin direspons.

Agia menjelaskan ada 4 cara menyikapi customer dengan bijak, pertama responsive, misalnya tidak lebih dari satu hari menanggapi customer.

Kedua personalisasi, seperti menyampaikan rasa terimakasih pada customer dengan menyertakan nama customer.

Ketiga memberika time frame, misalnya berikan jangan waktu dalam menyelesaikan masalah dengan customer, terakhir adalah berikan apresiasi pada customer.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.