Kompas TV klik360 sinau

Ragam Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan, Tak Sekedar Tanaman Liar

Jumat, 23 Juli 2021 | 11:11 WIB

KOMPAS.TV - Ciplukan adalah tanaman liar yang mudah ditemui di Indonesia, terutama di area persawahan, pinggir sungai, atau sekitar hutan.

Buahnya berbentuk bulat, berwarna kuning oranye dan terdapat kulit tips menyerupai kelopak di luarnya. Selain itu, buah ciplukan memiliki rasa yang manis dan agak mirip tomat.

Di negara lain, ciplukan memiliki beragam nama seperti golden berry, inca berry, peruvian groundcherry, atau cape gooseberry.

Beberapa waktu belakangan, buah ciplukan naik daun dan dijual di pasar internasional melalui situs jual beli online dengan harga yang bervariasi.

Di Indonesia sendiri, ciplukan dijual antara Rp100.000 hingga lebih dari Rp200.000 per kilogramnya.

3 ons buah ciplukan di situs Amazon dijual dengan harga 28,87 dollar AS atau sekitar Rp418.000. Di situs Alibaba, setengah kilogram ciplukan dihargai 9 dollar AS atau sekitar Rp130.000.

Sementara di situs Trade India, satu bungkus ciplukan dihargai sekitar 2.000 rupee atau setara Rp388.000.

Ciplukan mengandung serat, kalori, karbohidrat, vitamin A dan C, fosfor, zat besi, dan nutrisi lain yang bermanfaat bagi tubuh.

Ciplukan juga mengandung beta-karoten, vitamin K, sedikit kalsium dan antioksidan yang baik untuk mengatasi masalah kesehatan.

Lalu, apa saja manfaat ciplukan untuk kesehatan?

1. Hipertensi

Air rebusan ciplukan kering yang sudah disaring dapat dimanfaatkan untuk mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi).

Ekstrak ciplukan ini bisa diminum dua kali sehari, namun tidak boleh diminum setelah 24 jam karena sudah rusak.

2. Gusi berdarah

Kandungan vitamin C dalam buah ciplukan dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gusi berdarah.

Konsumsi buah ciplukan segar sebanyak 30 buah setiap hari bisa membantu mengatasi pendarahan pada gusi.

3. Bisul

Untuk mengatasi bisul, gunakan satu genggam daun ciplukan, satu sendok teh adas pulasari, satu lembar daun sirih, dan sedikit garam.

Campurkan semua bahan dan remas-remas sampai lembut, kemudian oleskan di sekitar bisul.(*)

Grafis: Arief Rahman

Penulis : Gempita Surya

Sumber : diolah dari berbagai sumber




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:44
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19