Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Peringati Hari Anak Nasional, Pakar Beri Cara Mengasuh Anak Menuju Generasi Emas Indonesia 2045

Jumat, 23 Juli 2021 | 11:00 WIB
peringati-hari-anak-nasional-pakar-beri-cara-mengasuh-anak-menuju-generasi-emas-indonesia-2045
Ilustrasi saat orang tua tengah menemani anaknya menggambar. (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Peringati Hari Anak Nasional (HAN) 2021, Konsultan Tumbuh Kembang Anak, Soedjatmiko, menerangkan pentingnya stimulasi atau dorongan kepada anak baik dalam hal nutrisi maupun lingkungan tumbuh-kembang anak.

Kata Soedjatmiko, nutrisi bertujuan membentuk struktur organ tubuh. Meski demikian, anak juga harus mendapat stimulasi lain.

Soedjatmiko mencontohkan perilaku bermain anak dan dipuji dengan kasih sayang, "karena stimulasi adalah software untuk mengaktifkan otak," katanya dilansir dari kemenpppa.go.id, Jumat (23/7/2021).

Lebih lanjut, dalam hal menyiapkan generasi emas Indonesi 2045, kata Soedjatmiko, anak-anak pun harus dilindungi atau diproteksi dari berbagai hal, seperti Covid-19, kekerasan, dan penelantaran.

"Oleh karena itu, apabila anak  mendapatkan nutrisi yang baik, stimulasi yang bagus, perlindungan yang bagus, dan seluruhnya dievaluasi, maka akan membentuk anak yang sehat, kuat, cerdas, ceria, kreatif, inovatif, mandiri, dan berperilaku baik,” terang Soedjatmiko.

Baca Juga: Hari Anak Nasional 23 Juli, Menteri PPA Ajak Masyarakat Penuhi Hak Anak di Masa Pandemi

Senada dengan Soedjatmiko, Ratih Ibrahim, pakar Pengasuhan dan Perkembangan Anak, mengatakn bahwa ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menunjukkan apresiasi atas perkembangan anak, yaitu physical touch, words of affirmation, quality time, receiving gifts, dan acts of service. Ini adalah rasa yang bisa timbal balik antara orangtua dan anak.

"Kalau hal itu bisa dilakukan di rumah dalam kondisi seperti sekarang, kita betul-betul saling menguatkan satu sama lain, semua orang di rumah bertumbuh dan menjadi bahagia, sehingga imunitasnya naik," terang Ratih.

"Jadi, kita secara tidak langsung membantu memproteksi keluarga kita, selain dengan vaksinasi dan pola hidup sehat,” tambah Ratih.

Pada kesempatan sama, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) bersama Nestle Dancow Nutritods meluncurkan Buku Saku Bunda Bangga.

Penulis : Hedi Basri | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:07
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19