Kompas TV video sinau

Apa Saja Manfaat Belajar Bahasa Inggris?

Kompas.tv - 23 Juli 2021, 08:58 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS TV-Beberapa dari kita ada yang menggemari proses belajar bahasa Inggris,tidak sedikit juga yang membencinya ,karena kesulitan dalam  memahaminya.

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Walaupun bukan bahasa dengan jumlah penutur terbanyak, bahasa Inggris adalah bahasa yang paling luas.

Nyatanya,bahasa inggris penting untuk dikuasai,kenapa?

Berikut alasannya:

1. Bahasa internasional

Satu di antara lima orang di dunia bisa bahasa inggris.  Lebih dari 50 negara menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa resmi mereka. Untuk wilayah Asia ada negara Singapura yang penduduknya menggunakan bahasa Inggris. Sedangkan di Benua Afrika ada Afrika Selatan

2. Melanjutkan sekolah di universitas terbaik

Kebetulan,sekolah-sekolah yang terbaik di dunia berada di Inggris dan Amerika Serikat

Yang komunikasi sehari-harinya menggunakan bahasa inggris. Untuk tes di sana tentu semuanya menggunakan bahasa Inggris,untuk tes lolos masuk mengikuti pendidikan di sana

Contohnya seperti: harvard, princeton, stanford, cambridge, dan oxford.

3.Menambah kesempatan kerja

Sudah banyak sekali perusahaan multinasional yang para pekerjanya wajib menggunakan bahasai inggris untuk operasional dan berkomunikasi.

Dengan mahir berbahasa Inggris kesempatan kita untuk meraih kesuksean lebih terbuka lebar. Karena kemampuan menggunakan bahasa Inggris digunakan untuk berbisnis dengan perusahaan asing

4.Mengakses ilmu pengetahuan

Saat berselancar di dunia maya,kebanyakan kontennya menggunakan bahasa Inggris,dan belum di terjemahkan ke bahasa Indonesia,contohnya wikipedia,meski ada versi bahasa indonesia,namun lebih banyak yang berbahasa Inggris. Sampai sekarang, mesin pencari yang paling sering kita dipakai  adalah Google,yang  juga beroperasi dengan bahasa Inggris meski ada pula bahasa lainnya.

5. Lebih mudah menikmati budaya populer

Film holywood yang diproduksi studio besar di Amerika Serikat  kebanyakan menggunakan bahasa inggris,bahkan penyanyi-penyanyi di indonesia juga banyak yang lagunya berbahasa inggris. Dengan pandai berbahasa inggris,kita jadi lebih mudah memahami konteks yang disampaikan. Dari produk budaya tsb.

6. Membuat otak cemerlang

Menguasai dua atau lebih bahasa bisa melindungi otak dari kepikunan. Bahasa yang penting untuk  dikuasai sebagai bahasa kedua tentu bahasa inggris. Dan pastinya membuat otak makin cemerlang.(*)

Grafis: Joshua



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x