Kompas TV regional sosial

PPKM Darurat, Putri Sultan HB X Gelar Doa Lintas Agama Rutin Setiap Senin dan Kamis

Kompas.tv - 22 Juli 2021, 19:52 WIB
ppkm-darurat-putri-sultan-hb-x-gelar-doa-lintas-agama-rutin-setiap-senin-dan-kamis
Ilustrasi doa lintas agama. (Sumber: istockphoto)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Lonjakan kasus Covid-19 di tanah air, termasuk DIY, membuat Gerakan Kemanusiaan Republik atau GKR Indonesia mengadakan doa lintas agama yang digelar rutin setiap Senin dan Kamis.

Kegiatan doa lintas agama yang digelar secara virtual melalui Zoom ini diprakarsai oleh putri Sultan HB X, GKR Mangkubumi.

Doa Lintas Agama dipimpin sejumlah pemuka agama, antara lain KH Edy Musoffa (Wakil Katib Syuriah PWNU DIY), KH. Ahmad Muwafiq, Romo AR. Yudono Suwondo, Pr (Vikep Yogyakarta Barat) Romo Aloysius Budi Purnomo, Pr (Ketua Campus Ministry UNIKA Soegijopranoto Semarang, Romo Rosarius Sapta Nugraha, Pr (Komisi PK3 Kevikepan Yogyakarta Timur).

Kemudian, Bhikku Sasanabodhi Mahatera, Bante Badrapala (rohaniwan Buddha), Cucu Rohyana (rohaniwan Konghucu), Pdt. Agus Haryanta (Ketua Umum Badan Kerjasama Antar Denominasi Kristen BKADK DIY), I Nyoman Warta (Ketua Parisadha Hindu Darma Indonesia PHDI DIY) dan Slamet Basuki (Penghayat Kepercayaan/Sekretaris Persatuan Warga Sapta Darma PERSADA DIY).

Baca Juga: Doa Lintas Agama untuk Awak KRI Nanggala-402 di Mako Lanal Yogyakarta

Doa lintas agama yang digelar pertama kali pada Senin (15/7/2021) memohon keselamatan bagi bangsa Indonesia. Lalu, pada Kamis (19/7/2021) doa lintas agama memohon perlindungan untuk tenaga kesehatan dan relawan. Pada Kamis (22/7/2021), doa lintas agama memohon kesembuhan bagi pasien Covid-19.

Kegiatan ini juga didukung oleh Diskominfo DIY dan turut disiarkan secara live Youtube oleh channel JITV, Humas Jogja dan Kominfo DIY pada pukul 20.00 WIB.

Menurut GKR Mangkubumi, ada empat tujuan dari doa lintas agama. Pertama, mempertebal keimanan dan ketakwaan masyarakat Indonesia khususnya warga DIY terhadap kuasa Tuhan Yang Maha Esa. Kedua, wujud penggalangan solidaritas menghadapi berbagai kesulitan di masa pandemi. 

Ketiga, doa lintas agama sebagai bagian dari upaya memupuk rasa persatuan, kesatuan dan kerukunan sesama warga bangsa yang majemuk dalam satu semangat bersama demi menghadapi tantangan global. Keempat, serial doa lintas agama diharapkan bisa mempercepat pulihnya situasi dunia dari pandemi Covid-19.

Baca Juga: Doa Lintas Agama Untuk Mbah Moen

"Selain doa lintas agama, GKR Indonesia juga sedang mempersiapkan sejumlah kegiatan sosial kemasyarakatan lain untuk turut mempercepat penanganan dampak pandemi Covid-19, seperti vaksinasi pelaar, vitamin dan suplemen makanan untuk balita stunting, serta bantuan sembako untuk masyarakat yang membutuhkan," ucap GKR Mangkubumi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x