Kompas TV regional berita daerah

Tes Usap Relawan Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban

Kamis, 22 Juli 2021 | 16:23 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.TV - puluhan mahasiswa fakultas kedokteran hewan universitas hasanuddin makassar menjalani test usap sebagai relawan untuk memeriksa kesehatan hewan.

Sebanyak 34 relawan dari mahasiswa yang melakukan test usap sebagai syarat menjadi relawan pemeriksaan hewan qurban. Test usap dilakukan untuk memastikan bebas dari covid 19 sebelum para relawan menjadi petugas pemeriksaan post mortem di lokasi pemotongan hewan mulai 20 juli hingga 23 juli 2021.

“Pelaksanaan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa secara akademik dan agama karena mereka akan mendapatkan pengalaman secara langsung mendiagnosa penyakit hewan qurban dan mengetahui syarat-syarat hewan kurban yang dapat disembelih secara syariat Islam, serta mereka juga dapat memperluas jaringan,” tutupnya

Sementara itu, penanggung jawab RPH Ruminansia, Drh. Ridwan menjamin semua hewan yang masuk sudah melalui proses uji dan pemeriksaan yang ketat. Hasilnya, kata dia, hanya ada dua ekor sapi yang bermasalah dan sudah ditangani dengan baik oleh tim dan para ahli peternakan.

"Semua hewan kami periksa ketat sebelum dilakukan pemotongan. Biasanya untuk pemeriksaan itu yang kami perhatikan adalah pada bagian mata karena selalu ada penyakit iritasi mata. Tapi, alhamdulillah sapi yang kami periksa ini hanya 1- 2 ekor saja yang bermasalah. Sisanya dalam kondisi baik semua," katanya.

Ridwan menambahkan, semua sapi potong yang masuk merupakan sapi potong lokal yang datang dari sentra peternakan di Sinjai, Bulukumba, Bantaeng, dan sisanya dari anakan Bali.

"Ini sapi lokal semua. Jadi kualitasnya sangat baik, di mana bobot daging cukup besar dan tulang-tulang yang relatif kecil. Sapi-sapi seperti ini banyak didatangkan dari Sinjai, Bulukumba, Bantaeng, dan sapi Bali," katanya.

Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, menyampaikan terima kasih atas perhatian jajaran Kementerian Pertanian terhadap kesiapan sekaligus persiapan kurban dan Idul Adha di Kota Makassar.

#relawan
#covid19
#hewankurban

Penulis : KompasTV Makassar

Sumber : Kompas TV Makassar


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:16
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19