Kompas TV entertainment musik

Donny Fattah, Bassist God Bless yang Pernah Jadi Staf KBRI di AS

Kompas.tv - 22 Juli 2021, 13:34 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jidon Patta Onda Gagola atau yang lebih dikenal dengan Donny Fattah adalah salah satu pentolan grup band God Bless. Donny Fattah merupakan bassist dan juga pendiri God Bless sejak formasi awal selain Achmad Albar.

Tidak hanya menjadi bassist, Donny Fattah juga terlibat dalam pembuatan lagu God Bless. Beberapa hits God Bless yang ia ciptakan adalah Huma di Atas Bukit, Musisi, Anak Adam, Semut Hitam dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Cerita Achmad Albar, Vokalis God Bless yang Masih Kuat Nge-rock 2 Jam Tanpa Jeda

Selain itu Donny Fattah juga sering terlibat dalam penggarapan album beberapa penyanyi yang bernuansa rock seperti Ikang Fawzi dan Nicky Astria.

Donny Fattah sudah dekat dengan musik sejak kecil. Saat usia belasan sekitar tahun 1960-an pria asal Maluku Utara ini terjun ke dunia musik dan bergabung dengan Fancy Junior. Pergaulan bermusik Donny pun semakin luas.

Hingga di tahun 1972, Donny Fattah diajak Fuad Hasan dan Achmad Albar untuk membentuk sebuah band yang kala itu menggunakan nama Crazy Wheels, cikal bakal God Bless.

Baca Juga: God Bless 90-an hingga Era 2000: Semut Hitam Meledak, Achmad Albar Tersandung Kasus

Perjalanan hidup Donny Fattah juga tertuang dalam sebuah buku yang berjudul Donny Fatah 40 tahun dalam God Bless karya Asriat Ginting.

Dalam buku tersebut diceritakan Donny Fattah sempat pergi ke amerika serikat di tahun 1980-an untuk belajar musik bisnis. Saat berada di amerika Donny Fattah juga sempat bekerja sebagai staf KBRI di Houston, Texas. Namun pada 1983 Donny memilih kembali ke indonesia dan membangkitkan God Bless.

Video editor: Agung

Baca Juga: Cerita Achmad Albar, Vokalis God Bless yang Masih Kuat Nge-rock 2 Jam Tanpa Jeda



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x