Kompas TV entertainment musik

Donny Fattah, Bassist God Bless yang Pernah Jadi Staf KBRI di AS

Kamis, 22 Juli 2021 | 13:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jidon Patta Onda Gagola atau yang lebih dikenal dengan Donny Fattah adalah salah satu pentolan grup band God Bless. Donny Fattah merupakan bassist dan juga pendiri God Bless sejak formasi awal selain Achmad Albar.

Tidak hanya menjadi bassist, Donny Fattah juga terlibat dalam pembuatan lagu God Bless. Beberapa hits God Bless yang ia ciptakan adalah Huma di Atas Bukit, Musisi, Anak Adam, Semut Hitam dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Cerita Achmad Albar, Vokalis God Bless yang Masih Kuat Nge-rock 2 Jam Tanpa Jeda

Selain itu Donny Fattah juga sering terlibat dalam penggarapan album beberapa penyanyi yang bernuansa rock seperti Ikang Fawzi dan Nicky Astria.

Donny Fattah sudah dekat dengan musik sejak kecil. Saat usia belasan sekitar tahun 1960-an pria asal Maluku Utara ini terjun ke dunia musik dan bergabung dengan Fancy Junior. Pergaulan bermusik Donny pun semakin luas.

Hingga di tahun 1972, Donny Fattah diajak Fuad Hasan dan Achmad Albar untuk membentuk sebuah band yang kala itu menggunakan nama Crazy Wheels, cikal bakal God Bless.

Baca Juga: God Bless 90-an hingga Era 2000: Semut Hitam Meledak, Achmad Albar Tersandung Kasus

Perjalanan hidup Donny Fattah juga tertuang dalam sebuah buku yang berjudul Donny Fatah 40 tahun dalam God Bless karya Asriat Ginting.

Dalam buku tersebut diceritakan Donny Fattah sempat pergi ke amerika serikat di tahun 1980-an untuk belajar musik bisnis. Saat berada di amerika Donny Fattah juga sempat bekerja sebagai staf KBRI di Houston, Texas. Namun pada 1983 Donny memilih kembali ke indonesia dan membangkitkan God Bless.

Video editor: Agung

Baca Juga: Cerita Achmad Albar, Vokalis God Bless yang Masih Kuat Nge-rock 2 Jam Tanpa Jeda

Penulis : Laura Elvina

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:09
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19