Kompas TV nasional kesehatan

Luhut: Tes Covid-19 di Permukiman Padat Penduduk akan Diperbanyak

Kompas.tv - 22 Juli 2021, 13:41 WIB

KOMPAS.TV - Pasca keputusan memperpanjang PPKM,  Pemerintah mengatakan akan meningkatkan upaya pemeriksaan dan penelusuran covid-19 di permukiman padat penduduk.

Koordinator Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan menilai testing dan tracing diprioritaskan di permukiman penduduk karena memiliki risiko penyebaran covid-19 lebih tinggi.

Luhut mengatakan ada beberapa wilayah aglomerasi yang menjadi prioritas untuk dilakukan tracing dan testing permukiman padat penduduk. Luhut mengatakan akan mempersiapkan mekanismenya dalam dua hari ke depan. 

Dalam pelaksanaannya nanti,  Luhut menjelaskan ketika didapat warga positif covid-19 maka akan segera dibawa ke pusat karantina yang sudah disediakan pemerintah daerah. 

Sementara itu menurut Epidemiolog Grifith University Dicky Budiman,  pemerintah Indonesia harus terus memperbanyak upaya testing dan tracing,  karena dengan begitu pemerintah sudah memiliki kunci penanganan covid-19.

Dicky justru mempertanyakan bila upaya testing menurun dalam beberapa hari terakhir. 

Masyarakat Indonesia diminta untuk waspada pada varian covid-19 bernama varian delta yang dianggap penularannya lebih cepat. Langkah percepatan testing dan tracing secara masif inilah yang dinilai dapat memutus rantai penularan covid-19 hingga varian delta juga dapat diminimalisasi. 
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x