Kompas TV nasional budaya

Jangan Lewatkan, Virtual Tour Galeri Nasional Indonesia dalam Rangka Hari Anak

Kompas.tv - 22 Juli 2021, 12:28 WIB
jangan-lewatkan-virtual-tour-galeri-nasional-indonesia-dalam-rangka-hari-anak
Gedung Galeri Nasional Indonesia (GNI) yang akan menggelar virtual tour dalam rangka Hari Anak Nasional. (Sumber: Kemendikbudristek)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam rangka memeringati Hari Anak Nasional, Galeri Nasional Indonesia (GNI), Jakarta Pusat bakal menggelar wisata virtual gratis pada 23 Juli 2021.

Dimulai pukul 10.00 hingga 11.30 WIB, kegiatan tersebut akan diselenggarakan melalui platform Zoom dengan memanfaatkan teknologi video 360 derajat dan green screen.

Kepala GNI, Pustanto mengatakan, kegiatan bertajuk Virtual Tour Rori ini adalah yang pertama dan khusus ditujukan bagi anak-anak guna mengenal karya seni rupa melalui tiga pendekatan kuratorial.

"Anak-anak akan diajak mengenal seni rupa dengan bahasa yang mudah dimengerti dan tentunya dikemas semenarik mungkin agar anak-anak tertarik untuk belajar," ujar Pustanto dalam keterangan resminya, Rabu (21/7/2021).

Baca Juga: Apa Itu Watershed Core? Instalasi Seni yang Dapat Ubah Air Hujan Jadi Layak Minum

Pendekatan pertama yakni Monumen Ingatan, yang menampilkan koleksi GNI lewat kontekstualisasi terkait perkembangan sejarah nasional.

Kemudian, bagian kedua yang bernama Paris 1959 Jakarta 1995 menyimpan beberapa koleksi internasional yang bersumber dari dua peristiwa penting.

Mulai dari hibah seniman-seniman dunia yang berbasis di Paris pada 1959 melalui Atase Kebudayaan dan Pers Ilen Surianegara, hingga sumbangan peserta Pameran Gerakan Non-Blok tahun 1995 di Jakarta.

Terakhir, pendekatan ketiga yang digunakan yaitu Kode /D, pameran tematik yang menampilkan koleksi dari 20 Tahun Akuisisi Karya Seni Rupa oleh GNI periode 1999-2019.

Baca Juga: Wujud Optimistis dari Pelaku Seni di Bali, "Taksu Ubud" Akan Tayang Perdana Secara Daring

Selain itu, dalam tour virtual ini, karya seni yang dipilih pun merupakan objek-objek yang dekat dengan keseharian peserta, seperti figur keluarga, tanaman, hewan, dan warna.

Objek-objek tersebut dapat ditemui di banyak lukisan, antara lain Kapal Tenggelam karya Raden Saleh, Kakak dan Adik karya Basoeki Abdullah, Ibu karya Affandi, dan Kucing karya Popo Iskandar.

Sebagai informasi, wisata virtual ini merupakan hasil kolaborasi antara GNI, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek, dengan situs web parenting theAsianparent (tAp) Indonesia.

Jika berminat mengikuti wisata virtual ini, masyarakat bisa mendaftar melalui tautan https://form.theasianparent.com/ozv0b9ml.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.