Kompas TV nasional budaya

Jangan Lewatkan, Virtual Tour Galeri Nasional Indonesia dalam Rangka Hari Anak

Kamis, 22 Juli 2021 | 12:28 WIB
jangan-lewatkan-virtual-tour-galeri-nasional-indonesia-dalam-rangka-hari-anak
Gedung Galeri Nasional Indonesia (GNI) yang akan menggelar virtual tour dalam rangka Hari Anak Nasional. (Sumber: Kemendikbudristek)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam rangka memeringati Hari Anak Nasional, Galeri Nasional Indonesia (GNI), Jakarta Pusat bakal menggelar wisata virtual gratis pada 23 Juli 2021.

Dimulai pukul 10.00 hingga 11.30 WIB, kegiatan tersebut akan diselenggarakan melalui platform Zoom dengan memanfaatkan teknologi video 360 derajat dan green screen.

Kepala GNI, Pustanto mengatakan, kegiatan bertajuk Virtual Tour Rori ini adalah yang pertama dan khusus ditujukan bagi anak-anak guna mengenal karya seni rupa melalui tiga pendekatan kuratorial.

"Anak-anak akan diajak mengenal seni rupa dengan bahasa yang mudah dimengerti dan tentunya dikemas semenarik mungkin agar anak-anak tertarik untuk belajar," ujar Pustanto dalam keterangan resminya, Rabu (21/7/2021).

Baca Juga: Apa Itu Watershed Core? Instalasi Seni yang Dapat Ubah Air Hujan Jadi Layak Minum

Pendekatan pertama yakni Monumen Ingatan, yang menampilkan koleksi GNI lewat kontekstualisasi terkait perkembangan sejarah nasional.

Kemudian, bagian kedua yang bernama Paris 1959 Jakarta 1995 menyimpan beberapa koleksi internasional yang bersumber dari dua peristiwa penting.

Mulai dari hibah seniman-seniman dunia yang berbasis di Paris pada 1959 melalui Atase Kebudayaan dan Pers Ilen Surianegara, hingga sumbangan peserta Pameran Gerakan Non-Blok tahun 1995 di Jakarta.

Terakhir, pendekatan ketiga yang digunakan yaitu Kode /D, pameran tematik yang menampilkan koleksi dari 20 Tahun Akuisisi Karya Seni Rupa oleh GNI periode 1999-2019.

Baca Juga: Wujud Optimistis dari Pelaku Seni di Bali, "Taksu Ubud" Akan Tayang Perdana Secara Daring

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

Sumber : Kompas.com




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:32
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19