Kompas TV regional update corona

Wapres Pertanyakan Vaksinasi di Jatim yang Masih Rendah, Ini Penjelasan Gubernur Khofifah

Kamis, 22 Juli 2021 | 09:22 WIB
wapres-pertanyakan-vaksinasi-di-jatim-yang-masih-rendah-ini-penjelasan-gubernur-khofifah
Wapres rakornas kepegawaian (Sumber: KIP-Setwapres)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyoroti masih rendahnya vaksinasi di Provinsi Jawa Timur. Realisasi pelaksanaan vaksinasi baru tercapai 8,36 persen dari total sasaran vaksinasi sebesar 31,8 juta orang.

Hal itu ia sampaikan saat memimpin rapat koordinasi dengan Gubernur Jawa tImur Khofifah Indar Parawansa dan Satgas Covid-19, Rabu (21/7/2021). Konteksnya terkait memasuki masa perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM darurat.

Adapun dalam Rapat koordinasi secara virtual tersebut juga dihadiri, antara lain, oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito.

”Apakah hambatan yang masih dihadapi oleh Jawa Timur?” tanya Wapres Amin terkait masih rendahnya pelaksanaan vaksinasi di Jatim.

Baca Juga: Ma’ruf Amin Soroti Positvity Rate Jatim yang Jauh dari Standar Aman WHO, Ini Jawaban Khofifah

Pertanyaan tersebut kemudian ditanggapi oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang menyampaikan ucapan terima kasih karena telah mendapat tambahan kiriman 220.000 dosis vaksin.

”Ini memang yang sudah masuk ke dalam dosis kedua. Rata-rata bupati dan wali kota minta ini, urgent-urgent seperti itu. Mungkin perlu ada sosialisasi kembali sesuai arahan Pak Presiden jangan menunggu dosis kedua, habiskan habiskan,” kata Khofifah.

Menurut Khofifah, stok vaksin yang masih disimpan di Jawa Timur memang jumlahnya terlihat besar. ”Tapi, jumlah yang besar itu kalau sudah dikerucutkan berapa yang ada dinas kesehatan kabupaten/kota, seperti yang tadi disampaikan para wali kota/bupati,” jelasnnya.

Sementara, Menurut Budi Gunadi Sadikin, pada Rabu (21/7/2021) malam, pemerintah akan mengirim 506.500 dosis vaksin AstraZeneca ke Jawa Timur. Pada Senin (19/7/2021), pemerintah juga sudah mengirimkan 435.000 vaksin Sinopharm ke Jatim.

”Mudah-mudahan nanti sekitar 1 juta dosis yang masuk di minggu ini bisa dibagikan ke seluruh daerah di Jatim,” terangnya.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Gerakan Siantar Peduli Isoman

Selasa, 3 Agustus 2021 | 15:25 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
15:37
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19