Kompas TV nasional sosial

Peringati Hari Anak Nasional, Ormas dan Kementerian PPPA Kerja Sama Buat Vaksinasi Massal untuk Anak

Kompas.tv - 22 Juli 2021, 00:52 WIB
peringati-hari-anak-nasional-ormas-dan-kementerian-pppa-kerja-sama-buat-vaksinasi-massal-untuk-anak
Sejumlah organisasi kemasyarakatan bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) mengadakan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 12 hingga 18 tahun. (Sumber: Dok. Yayasan Alumni Kanisius Menteng 64 )
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV – Memperingati Hari Anak Nasional pada 23 Juli, sejumlah organisasi kemasyarakatan mengadakan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 12 hingga 18 tahun.

Kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Minggu (18/7/2021), ini sudah melaksanakan vaksinasi kepada 5.000 anak.

Panitia vaksinasi anak dari Alumni Kanisius Menteng 64 (AM64) Irlan Suud menjelaskan, anak yang mengikuti program ini berasal dari sejumlah panti asuhan.

Baca Juga: BIN Bantu Percepatan Vaksin Anak di Semarang

Panitia bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) serta organisasi masyarakat untuk mengumpulkan anak yang belum mendapatkan vaksin.

Menurut Irland, salah satu kendala dalam program ini yakni banyak anak-anak yang tidak memiliki nomor induk kependudukan (NIK). Namun Irland memastikan program tetap berjalan untuk tercapainya herd Immunity.

“Kami tetap mengupayakan anak tetap divaksin, memang persyaratan administratif vaksin dibutuhkan. Tetapi saya yakin pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan lebih mengutamakan tercapainya segera herd immunity,” ujar Irland dalam pesan tertulisnya, Rabu (21/7/2021).

Pada kesempatan yang sama, Asisten Deputi Pelayanan Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus Kementerian PPPA Robert Parlindungan Sitinjak mengapresiasi kegiatan vaksinasi anak yang dilakukan organisasi kemasyarakatan.

Baca Juga: Stok Vaksin Terbatas, Vaksinasi Anak Bandar Lampung Ditunda

Menurut Robert, langkah ini juga sebagai salah satu program Kementerian PPPA dalam pemenuhan hak anak.

“Ini adalah bukti lembaga masyarakat bersama-sama dengan pemerintah dapat melaksanakan vaksinasi massal untuk anak,” ujar Robert.

Syifa Syafiqoh Ulayya Sigit (14) dari Panti Muhammadiyah Tanah Abang mengaku tidak takut untuk divaksin.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.