Kompas TV nasional kesehatan

Waspada Kista dan Kanker Ovarium pada Wanita!

Kompas.tv - 21 Juli 2021, 23:34 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Kista merupakan tumor berupa benjolan yang berisi cairan.

Walau dapat tumbuh dimana saja, namun kista sering di keluhkan para wanita, karena sering tumbuh pada ovarium.

Ovarium menjadi bagian penting dalam sistem reproduksi wanita, karena berfungsi untuk menghasilkan sel telur, serta memproduksi hormon estrogen, dan progesteron.

Meski pada sebagian besar kasus kista tidak menimbulkan keluhan, namun ada beberapa gejala khas yang biasanya di rasakan. Mengutip dari laman Kompas.com, beberapa gejala yang biasanya di rasakan wanita, saat kista ovarium mulai tumbuh, diantaranya, perut terasa kembung atau bengkak.

BAB terasa menyakitkan, nyeri panggul sebelum atau selama siklus haid, terasa sakit saat berhubungan, sakit pada punggung bagian bawah, atau paha. Nyeri dirasakan pada bagian payudara dan yang terahir mual dan muntah. 

Apabila gejala awal sudah mulai dirasakan, diharapkan dapat segera berkonsultasi ke rumah sakit. Selain gejala kista dapat dirasakan saat mulai tumbuh, ada beberapa gejala lain yang akan dirasakan, apabila kista ovarium sudah mulai bertambah parah, pecah, atau mengalami torsi.

Di antaranya adalah, rasa nyeri yang parah pada panggul, demam, pingsan atau pusing, dan napas menjadi cepat, atau pendek. Lalu, bagaimana cara wanita dapat terhindar dari kista?

Dan bagaimana cara menyembuhkan kista agar tidak berlanjut menjadi kanker ovarium. Temukan jawabannya hanya di Ayo Sehat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x