Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia Kembali Tegaskan Siap Pasok Jet Tempur Sukhoi Su-35 untuk Indonesia

Kompas.tv - 21 Juli 2021, 23:00 WIB
rusia-kembali-tegaskan-siap-pasok-jet-tempur-sukhoi-su-35-untuk-indonesia
Jet tempur berat Sukhoi Su-35 bermanuver pada pameran dirgantara MAKS tahun 2009 (Sumber: Oleg Belyakov/Wikipedia)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

ZHUKOVSKY, KOMPAS.TV - Rusia menyatakan tetap siap memasok pesawat tempur multiperan Sukhoi Su-35 ke Indonesia sesuai kontrak meskipun ada tekanan politik terhadap Indonesia dari negara-negara pesaing Rusia.

Hal itu disampaikan Rusia melalui juru bicara Federal Service for Military-Technical Cooperation, Valeria Reshetnikova, kepada wartawan di pameran dirgantara MAKS-2021, Rabu (21/7/2021) seperti dilansir Tass, kantor berita Rusia.

“Sejak awal, proyek penyediaan 11 pesawat tempur multiperan Su-35 ke Jakarta menarik perhatian masyarakat dunia. Tidak mengherankan setelah menandatanganinya (kesepakatan), Indonesia mendapat tekanan ekstensif dari beberapa negara, dimana pada semua tingkatan, Jakarta 'sangat disarankan' untuk meninggalkan proyek tersebut, namun Indonesia bangkit. Kami dengan penuh keyakinan menegaskan, Rusia berniat memenuhi kontrak ini," kata Reshetnikova meyakinkan.

Menurut juru bicara Federal Service for Military-Technical Cooperation, Valeria Reshetnikova,, Moskow memandang Indonesia sebagai salah satu mitra utama di Asia-Pasifik.

Kabar penandatanganan kontrak dengan Jakarta untuk sebelas pesawat tempur Su-35 tersiar pada awal 2018, namun implementasinya belum dimulai.

Pertunjukan udara internasional MAKS 2021 berlangsung dari 20 hingga 25 Juli di kota pinggiran Zhukovsky di luar Moskow.

Baca Juga: Kerjasama Industri Pertahanan, Prabowo Lobi Rusia Terkait Pembelian Pesawat Sukhoi

Jet tempur berat Sukhoi Su-35S milik Rusia sedang tinggal landas (Sumber: Dmitry Terekhov/Wikipedia)

Juni tahun lalu, menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke Moskwa Rusia.

Saat berada di Moskwa Rusia Menhan Prabowo Subianto bersama delegasi bertemu dengan Wakil Menteri Pertahanan Rusia Kolonel Jenderal Alexander Formin.

Salah satu isu yang mencuat terkait petemuan keduanya yakni soal rencana pembelian 11 unit jet tempur kelas berat, Sukhoi Su-35 senilai 1,14 miliar dollar AS.

Selain soal kerja sama industri petahanan sejumlah hal juga dibahas keduanya, di antaranya, kerja sama pendidikan dan latihan bersama.

Selain itu, kunjungan kerja Prabowo Subianto ke Moskwa Rusia juga dalam rangka memenuhi undangan dari Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoygu untuk menghadiri parade ulang tahun kemenangan Rusia terhadap Jerman.



Sumber : Kompas TV/Tass


BERITA LAINNYA



Close Ads x