Kompas TV feature discography

5 Peristiwa Penting 22 Juli: Dari Perang Salib hingga Jokowi-JK Menang Pilpres

Kompas.tv - 22 Juli 2021, 05:30 WIB
5-peristiwa-penting-22-juli-dari-perang-salib-hingga-jokowi-jk-menang-pilpres
Presiden Joko Widodo saat sedang sesi wawancara didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla di kediaman Kalla, Jalan Haji Bau Nomor 16, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (21/12/2018). (Sumber: Istimewa via kompas.com)
Penulis : Gading Persada | Editor : Fadhilah

SOLO, KOMPAS.TV - Hari ini Kamis, 22 Juli, jatuh pada hari ke-203 dalam kalender Gregorian atau hari ke-204 dalam tahun kabisat. 

Tentu banyak peristiwa yang terjadi pada tanggal tersebut, baik di dalam negeri maupun luar negeri yang menjadi catatan sejarah. 

Disarikan dari berbagai sumber, berikut ini Kompas TV rangkumkan 5 peristiwa penting yang terjadi pada 22 Juli:

Baca Juga: 5 Peristiwa Penting pada 21 Juli: Belanda Kembali Invasi Indonesia Lewat Agresi Militer I

1. 7.000 Orang Terbunuh oleh Tentara Salib

Ilustrasi tentara salib. Pengepungan Damaskus selama Perang Salib Kedua, 1148. British Library. (Sumber: historytoday.com)

Pada 22 Juli 1209, peristiwa pilu terjadi tatkala Tentara Salib membantai sekitar 7.000 orang yang kebanyakan penganut Katarisme di Beziers, Toulouse, Prancis.

Peristiwa itu pun memicu Perang Salib Albigensian yang berlangsung selama kurang lebih 20 tahun.

2. Kekalahan Pasukan Kesultanan Ottoman

Ilustrasi tentara Kekaisaran Ottoman (Sumber: Ludwig H. Dyck's Historical Writings )

Peristiwa sejarah terjadi pada 22 Juli 1456. Saat itu Pasukan Kesultanan Ottoman yang dipimpin Mehmed II dikalahkan pasukan Kerajaan Hungaria di Nandorfehervar atau kini Beograd.

Pasukan Ottoman yang mengepung Beograd sejak 4 Juli justru kalah setelah pasukan Hungaria melancarkan serangan mendadak.

3. Wapres Indonesia, Adam Malik Lahir 

Adam Malik Terlihat paling kanan, dalam foto yang diambil 5 November 1975 di depan Kedutaan Portugal di Roma, Italia, bersama Menteri Luar Negeri Portugal Ernesto Melo Antunes. (Sumber: Keystone/Getty Images/ The Straits Times)

Pada 22 Juli 1917 tercatat sebagai hari lahirnya Adam Malik. Ia lahir di Pematangsiantar, Sumatra Utara dan akhrinya kemudian dikenal sebagai tokoh yang pernah menduduki beberapa posisi penting di pemerintahan Indonesia pimpinan Soekarno dan Soeharto. 



Sumber : KompasTV/berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x