Kompas TV feature discography

5 Peristiwa Penting 22 Juli: Dari Perang Salib hingga Jokowi-JK Menang Pilpres

Kamis, 22 Juli 2021 | 05:30 WIB
5-peristiwa-penting-22-juli-dari-perang-salib-hingga-jokowi-jk-menang-pilpres
Presiden Joko Widodo saat sedang sesi wawancara didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla di kediaman Kalla, Jalan Haji Bau Nomor 16, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (21/12/2018). (Sumber: Istimewa via kompas.com)

SOLO, KOMPAS.TV - Hari ini Kamis, 22 Juli, jatuh pada hari ke-203 dalam kalender Gregorian atau hari ke-204 dalam tahun kabisat. 

Tentu banyak peristiwa yang terjadi pada tanggal tersebut, baik di dalam negeri maupun luar negeri yang menjadi catatan sejarah. 

Disarikan dari berbagai sumber, berikut ini Kompas TV rangkumkan 5 peristiwa penting yang terjadi pada 22 Juli:

Baca Juga: 5 Peristiwa Penting pada 21 Juli: Belanda Kembali Invasi Indonesia Lewat Agresi Militer I

1. 7.000 Orang Terbunuh oleh Tentara Salib

Ilustrasi tentara salib. Pengepungan Damaskus selama Perang Salib Kedua, 1148. British Library. (Sumber: historytoday.com)

Pada 22 Juli 1209, peristiwa pilu terjadi tatkala Tentara Salib membantai sekitar 7.000 orang yang kebanyakan penganut Katarisme di Beziers, Toulouse, Prancis.

Peristiwa itu pun memicu Perang Salib Albigensian yang berlangsung selama kurang lebih 20 tahun.

2. Kekalahan Pasukan Kesultanan Ottoman

Ilustrasi tentara Kekaisaran Ottoman (Sumber: Ludwig H. Dyck's Historical Writings )

Peristiwa sejarah terjadi pada 22 Juli 1456. Saat itu Pasukan Kesultanan Ottoman yang dipimpin Mehmed II dikalahkan pasukan Kerajaan Hungaria di Nandorfehervar atau kini Beograd.

Pasukan Ottoman yang mengepung Beograd sejak 4 Juli justru kalah setelah pasukan Hungaria melancarkan serangan mendadak.

Penulis : Gading Persada | Editor : Fadhilah

Sumber : KompasTV/berbagai sumber




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:52
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19