Kompas TV internasional kompas dunia

KBRI Oslo Gelar Salat Iduladha Berjamaah, Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Rabu, 21 Juli 2021 | 18:35 WIB
kbri-oslo-gelar-salat-iduladha-berjamaah-terapkan-protokol-kesehatan-ketat
Suasana shalat Idul Adha berjamaah di KBRI Oslo, Norwegia, pada Selasa (20/7/2021). (Sumber: ANTARA/HO-KBRI Oslo)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kedutaan Besar RI di Oslo menyelenggarakan ibadah salat Iduladha di halaman Wisma Indonesia KBRI dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Hal ini seiring dengan situasi pandemi Covid-19 di Norwegia yang berangsur kondusif.

Dalam keterangan tertulis KBRI Oslo yang diterima di Jakarta, Rabu (21/07/2021), dikatakan pemerintah Norwegia memberi izin kegiatan untuk berlangsung di kediaman pribadi dengan jumlah maksimal peserta yang belum divaksinasi sebanyak 20 orang.

Oleh karena itu, salat Iduladha yang digelar pada Selasa (20/07/2021) di KBRI Oslo tersebut diikuti oleh sekitar 80 orang dengan tetap berpedoman ketat pada protokol kesehatan yang diberlakukan oleh Institut Kesehatan Publik Norwegia.

“Protokol kesehatan yang kami terapkan sangat ketat. Jemaah yang mengikuti salat di sini seluruhnya sudah divaksinasi minimal satu kali, di luar sebanyak 20 orang kategori unprotected yang belum divaksinasi, yang mayoritas adalah anak-anak,” terang Duta Besar RI untuk Kerajaan Norwegia dan Republik Islandia Todung Mulya Lubis.

Dia mengatakan, semua peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebelumnya diminta untuk menunjukkan bukti vaksinasi saat melakukan registrasi secara daring.

Baca Juga: Menyimpan Ribuan Lukisan Edvard Munch, Museum Baru di Oslo, Norwegia akan Dibuka Oktober 2021

Museum Munch, Oslo, Norwegia. Data otoritas kesehatan Norwegia menunjukkan bahwa per 20 Juli 2021 sebanyak 3.246.349 orang telah mendapatkan vaksin pertama di negara tersebut. Dari jumlah itu, sebanyak 1.687.598 orang di antaranya telah memperoleh vaksin kedua. (Sumber: munchmuseet.no)

Dalam pelaksanaan salat pun, jemaah diwajibkan membawa sajadah pribadi, menjaga jarak, berwudhu di rumah, dan mengenakan masker, sesuai dengan peraturan pemerintah setempat yang berlaku.

Usai salat berjamaah, kegiatan di KBRI Oslo dilanjutkan dengan acara makan siang bersama dan halalbihalal yang dilengkapi dengan sistem nomor urut --agar para peserta dapat bergantian mengambil makanan dan tak berkerumun.

Data otoritas kesehatan Norwegia menunjukkan bahwa per 20 Juli 2021 sebanyak 3.246.349 orang telah mendapatkan vaksin pertama di negara tersebut. Dari jumlah itu, sebanyak 1.687.598 orang di antaranya telah memperoleh vaksin kedua.

Pintu perbatasan Norwegia saat ini masih tertutup untuk turis dari berbagai negara, tetapi lebih banyak orang perlahan-lahan diizinkan masuk, termasuk para pelancong yang sudah divaksinasi penuh dari negara-negara Uni Eropa (EU)/Wilayah Ekonomi Eropa (EEA).

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:54
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19