Kompas TV regional berita daerah

Nasi Kotak Gratis Bagi Warga Isoman

Kompas.tv - 21 Juli 2021, 17:55 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

MAGELANG, KOMPAS.TV - Untuk membantu masyarakat yang membutuhkan makanan ketika menjalani isolasi mandiri, sebuah warung di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menyediakan paket makanan secara gratis. Setiap harinya disediakan 20 porsi makanan nasi kotak untuk dibagikan kepada warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Sebuah warung makan ayam goreng Mbak Warni, yang berada di Desa Mertoyudan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, setiap harinya menyediakan makanan gratis sebanyak 20 porsi nasi kotak bagi warga yang sedang menjalani isolasi mandiri. Disamping kesibukannya melayani konsumen yang memesan makanan dibungkus.

Aksi sosial kepedulian terhadap warga yang menjalani isolasi mandiri tersebut sudah dimulai sejak awal diberlakukannya PPKM Darurat. Semenjak itu, omzet penjualannya menurun hampir 50 persen dan mengakibatkan bahan makanan banyak yang tersisa.

Agar tidak sia-sia, bahan makanan tersebut diolah untuk selanjutnya dibagikan kepada warga yang tengah menjalani isolasi mandiri. Menurut pemilik warung, Hamid Bangun Sasmito, sampai saat ini sudah banyak warga yang menjalani isolasi mandiri memesan makanan secara online. Untuk mendapatkan makanan gratis tersebut, warga diwajibkan menunjukkan surat keterangan hasil swab atau surat keterangan isoman.

“Kita menyediakan maksimal 20 porsi atau bungkus. Jika jumlah warga yang melakukan isolasi mandiri bertambah maka jumlah nasi kotak akan ditambah namun anggarannya ditanggung oleh relawan. Permintaan pernah lebih namun hanya 5 porsi,” kata Hamid Bangun Sasmito, Pemilik Warung.

Warung makan ayam goreng Mbak Warni ini, baru melayani sebatas lingkungan desa dan sekitarnya. Namun pesanan juga banyak yang masuk dari kecamatan lain di Kabupaten Magelang.

#magelang #isolasimandiri #nasikotak



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.