Kompas TV regional berita daerah

Warga Kota Kediri Sulap Sampah Botol Plastik Menjadi Lampu Hias

Kompas.tv - 21 Juli 2021, 17:50 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

KEDIRI, KOMPAS.TV- Berawal dari keprihatinan melihat banyaknya sampah di lingkunganya, sejumlah warga di kota Kediri menyulap botol bekas menjadi lampu hias. Selain mampu mengurangi pencemaran, lampu bias dari sampah tersebut mampu mempercantik dan menerangi lingkungan.

Sejumlah warga kelurahan burengan kota Kediri ini, sedang membuat puluhan lampu hiasan. Bukan dari kaca atau kertas, melainkan dari botol minuman bekas serta mangkuk plastik yang sudah tidak terpakai.

Ide pembuatan lampu hias tersebut muncul dari keprihatinan warga melihat banyaknya sampah plastik di lingkungan sekitar. Dari situlah warga mulai mencoba mengkreasikan sampah botol menjadi lampu hias.

Dalam proses pembuatannya, warga juga hanya menggunakan alat-alat sederhana seperti pisau dan lem plastik. Kini setelah beberapa hari produksi sudah ada 50 lampu hias yang dihasilkan.

Inovasi lampu hias ini merupakan salah satu upaya warga untuk mengurangi pencemaran lingkungan dari sampah plastik. Tidak hanya itu berkat lampu hias dari sampah tersebut, lingkungan warga dapat lebih cantik dan terang saat malam hari.

Selain digunakan pribadi, rencananya lampu hias tersebut akan dijual bebas di masyarakat. Nantinya pendapatan yang didapatkan akan dikembalikan ke pihak kelurahan untuk pengolahan sampah di lingkungan burengan kota Kediri.

#kediri #kerajinan #limbah #plastik #daurulang #beritakediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Opini

"Arch of Constantine"

24 April 2024, 20:58 WIB

Close Ads x