Kompas TV regional berita daerah

RPH Penuh, Warga Sembelih Hewan Kurban Sendiri

Kompas.tv - 21 Juli 2021, 16:58 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Mengingat keterbatasan kapasitas penyembelihan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kota Semarang, sebagian warga Kota Semarang terpaksa memilih melakukan penyembelihan hewan di lingkungan sendiri. Meski masa pemotongan hewan kurban dilakukan selama 3 hari dan imbauan pemerintah untuk melakukan penyembelihan hewan kurban di RPH. 

Seperti yang dilakukan oleh warga RT 6, RW 14 Kelurahan Pudak Payung, Kota Semarang. Mereka terpaksa melakukan penyembelihan hewan kurban di lingkungan sendiri karena kuota hari pertama penyembelihan hewan kurban di RPH Kota Semarang sudah penuh. Selain itu kondisi lingkungan juga memungkinkan untuk melakukan penyembelihan hewan kurban sendiri dan menerapkan protokol kesehatan. Untuk pembagian daging kurban akan diantar langsung ke rumah warga yang sebelumnya sudah didata agar tidak menimbulkan kerumunan. 

“Jauh-jauh hari kita sudah koordinasi namun di rph kuotanya sudah penuh sehingga dianjurkan menyembelih di hari tasyrik, namun warga tidak bisa mengurusi pembagian hewan kurban sehingga penyembelihan dilakukan di hari raya Idul Adha dan menerapkan prokes,” kata Sugito, Ketua RT.

Sementara itu, Kepala UPT RPH Kota Semarang, Ika Nurawati mengatakan di hari pertama penyembelihan hewan kurban, total ada 78 ekor sapi dan 10 kambing. Sedangkan total hewan kurban yang disembelih hingga hari Jumat (23/07/2021) untuk sapi sebanyak 243 ekor dan 40 ekor kambing.

“Untuk penyembelihan hewan kurban di hari pertama di RPH PT Bhumi Pandanaran Sejahtera Kota Semarang penyembelihan hari ini sebanyak 78 ekor sapi dan 10 ekor kambing. Total sampai Jumat (23/07/2021) besok 243 ekor sapi dan 40 ekor kambing,” kata Ika Nurawati, kepala UPT RPH Kota Semarang.

Sebelum proses penyembelihan hewan kurban dilakukan, para petugas wajib mengikuti tes usap antigen. Petugas juga wajib mengenakan masker selama bertugas. Selain itu penyemprotan cairan disinfektan saat memasuki kandang hewan kurban dilakukan. RPH Kota Semarang akan melayani penyembelihan hewan kurban selama 4 hari.

Sementara itu, penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Jawa Tengah dilakukan di hari pertama tasyrik yakni tanggal 21 Juli 2021. Total hewan kurban yang akan disembelih yakni 9 ekor sapi dan 14 ekor kambing. Selama proses penyembelihan hewan kurban, petugas menerapkan protokol kesehatan.

#rph #hewankurban #protokolkesehatan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Opini

"Arch of Constantine"

24 April 2024, 20:58 WIB

Close Ads x