Kompas TV regional peristiwa

Satgas Covid-19 Sebut Jakarta Paling Tak Patuhi Jaga Jarak, Begini Tanggapan Wagub DKI

Kompas.tv - 21 Juli 2021, 16:06 WIB
satgas-covid-19-sebut-jakarta-paling-tak-patuhi-jaga-jarak-begini-tanggapan-wagub-dki
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan, DKI siap untuk vaksinasi remaja usia 12 tahun ke atas. Vaksinasi dapat dilakukan di seluruh puskesmas di DKI Jakarta. Selain untuk remaja, vaksinasi juga berlaku untuk warga dengan KTP non DKI dan WNA yang memenuhi syarat. (Sumber: SUBANDI / KOMPAS TV)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Satgas Covid-19 menyebutkan DKI Jakarta sebagai provinsi yang paling tidak patuh jaga jarak berdasarkan data monitoring protokol kesehatan selama sepekan terakhir. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, ketidakpatuhan warga DKI dalam menjaga jarak mencapai 48,26 persen.

“Untuk desa kelurahan yang tidak patuh menjaga jarak, DKI Jakarta menjadi provinsi dengan kelurahan yang paling banyak, yaitu 48,26% atau hampir setengah kelurahan di DKI Jakarta masyarakatnya tidak patuh dalam menjaga jarak,” kata Wiku Adisasmito dalam keterangannya, Selasa (20/7/2021).

Terkait dengan laporan ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah mensosialisasikan dan mengampanyekan terkait dengan protokol kesehatan dengan berbagai cara. 

"Masyarakat Jakarta sejak awal sudah disosialisasikan dan dikampanyekan oleh pemerintah dengan berbagai cara," kata Riza pada keterangannya, Rabu (21/7/2021).

Baca Juga: Kepatuhan Warga DKI Jakarta Terapkan Prokes Jadi Sorotan Satgas Covid-19

Tetapi, Riza mengatakan, secara umum masyarakat Jakarta sudah patuh dan rajin melaksanakan protokol kesehatan. 

"Dan sungguh kita sama-sama melihat secara umum masyarakat Jakarta termausk masyarakat yang patuh dan rajin melaksanakan prokes," kata Riza. 

Hal ini ditunjukkan dari warga yang patuh menggunakan masker, jaga jarak, dan mencuci tangan. 

"Jadi kita lihat menggunakan masker, jaga jarak kemudian cuci tangan kita bisa lihat di setiap lini di setiap bidang dan komunitas," ujar Riza. 

Meskipun begitu Riza menerima masukan dan laporan yang diberikan Satgas Covid-19 sebagai bahan evaluasi bagi pemprov Jakarta. 

"Namun kalaupun ada masukan dan laporan demikian ini menjadi perhatian dan evaluasi kami untuk terus kami tingkatkan kesadaran masyarakat secara bersama-sama," kata Riza. 

Baca Juga: Pengambilan Bansos Tunai di Jakarta Picu Kerumunan, Ini Pesan Wagub DKI



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.