Kompas TV regional berita daerah

PPKM Diperpanjang, Ganjar Pranowo Instruksikan Bansos Segera Disalurkan

Kompas.tv - 21 Juli 2021, 15:15 WIB
ppkm-diperpanjang-ganjar-pranowo-instruksikan-bansos-segera-disalurkan
Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Sumber: KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pemerintah telah memutuskan untuk memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang kini istilahnya menjadi PPKM level 4 hingga 25 Juli 2021. 

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menilai keputusan perpanjangan PPKM tersebut dirasa memberatkan masyarakat. 

“Kan hanya ada dua kemungkinan, diperpanjang apa tidak. Kalau diperpanjang bansosnya harus keluar agar masyarakat tenang," imbuhnya.

Sebab itu dia kemudian meminta semua pihak dapat memastikan bantuan sosial (bansos) tersalurkan kepada warga Jateng yang terdampak kebijakan tersebut. 

“Karena keputusannya sudah diperpanjang, yang mesti dilakukan adalah bansosnya dikeluarkan," kata Ganjar dikutip dari laman Pemprov Jateng, Rabu (21/7/2021). 

Baca Juga: Soal Perpanjang PPKM Darurat, Ganjar: Kalau Polanya Seperti Ini Masyarakat Berat..

Ganjar menegaskan penyaluran bansos tidak hanya yang bersumber dari APBN maupun APBD, namun bantuan sumber lain seperti CSR, Baznas dan lainnya juga harus disalurkan.

“Kita punya gerakan ASN jajan untuk membantu UKM. Ayo dilaksanakan. Pastikan bantuan dari pusat, dari provinsi maupun kabupaten/ kota dikeluarkan hari ini. Karena keputusannya sudah jelas diperpanjang, maka bantuan keluarkan semuanya,” tegasnya.

Dia menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait bantuan-bantuan yang akan diberikan. Hal itu untuk memastikan, bantuan disalurkan tepat pada sasaran.

Pemprov Jateng lanjut Ganjar juga akan memastikan bansos dari Provinsi tersalurkan. Berbagai program bantuan telah dihitung untuk digelontorkan semuanya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x